Share

The Fed, Alasan Rupiah & IHSG Melemah

Dani Jumadil Akhir , Okezone · Kamis 02 Oktober 2014 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 02 278 1047438 Gc1lrSVoAD.jpg The Fed, Alasan Rupiah & IHSG Melemah (Ilustrasi: Reuters)
A A A

JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) terus melanjutkan tren negatif. Seperti diketahui, pagi ini rupiah dibuka melemah 3 poin dari sebelumnya Rp12.137 per USD menjadi Rp12.134 per USD.

Sementara itu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) sore ini melanjutkan pelemahannya sejak penutupan sesi I. IHSG tercatat anjlok 140,10 poin atau 2,7 persen ke 5.000,81.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mengatakan, bahwa pelemahan keduanya dipicu oleh stimulus bank sentral AS.

"Melemah karena the Fed akan menaikan suku bunganya, itu ada akibatnya dengan kenaikan suku bunga di AS, akibatnya dolarnya akan menguat," ungkap CT saat ditemui di kantornya, Kamis (2/10/2014).

Kemudian dirinya juga berpendapat bahwa pasar menilai bahwa situasi perekonomian Indonesia ke depan kurang kondusif. Hal ini berkaitan dengan terus bergulirnya permasalahan politik di negara ini.

"Kedua pasar melihat situasi yang agak kurang kondusif terkait dengan kelangsungan perekonomian kita ke depan, khususnya terkait dengan masalah politik, itu terkait juga terhadap pelemahan IHSG dan juga pada kelemahan rupiah," jelasnya.

Terkait dengan upaya untuk menstabilkan nilai rupiah. CT menyerahkan sepenuhnya kepada bank sentral Indonesia untuk mengambil langkah perbaikan kurs rupiah.

"itu (upayanya) kewenangan Bank Indonesia," tukas CT.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini