Share

Pelindo III Operasikan Terminal Penumpang di Tanjung Perak

Hendra Kusuma , Okezone · Kamis 02 Oktober 2014 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 02 320 1047361 3sltHsqRj9.jpg Pelindo III Operasikan Terminal Penumpang di Tanjung Perak (Ilustrasi: Okezone)
A A A

JAKARTA - PT Pelindo III meresmikan pengoperasian Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Terminal tersebut memiliki kapasitas 4.000 penumpang dan dua unit garbarata layaknya bandara.

Direktur Pelindo III, Djarwo Surjanto mengatakan, peresmian Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara diresmikan bersamaan dengan kegiatan embarkasi penumpang kapal milik PT Pelni (Persero) KM Labobar tujuan Makassar - Jayapura dengan spesifikasi LOA 146 m, DWT : 3.482T, GT: 15.136 Ton dengan kapasitas 3.084 penumpang.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Djarwo menuturkan, investasi pembangunan gedung penumpang tersebut menelan biaya sekira Rp160 miliar. "Terminal ini untuk mengantisipasi pertumbuhan jumlah penumpang kapal laut dan peningkatan pelayanan kepada para penumpang kapal laut, maka dibangun terminal yang terdiri atas tiga lantai seluas 16.120 meter persegi dengan kapasitas 4.000 penumpang," kata Djarwo dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Kamis (2/10/2014).

Djarwo menjelaskan, Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara adalah terminal penumpang kapal laut pertama di Indonesia yang menggunakan garbarata layaknya bandara. Terminal penumpang ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas dengan konsep bangunan bersifat modern, green architecture, ramah lingkungan dan hemat energi (menggunakan lampu LED dengan sistem diming, osesnsa (occupancy sensor), pendingin menggunakan VRF – variable refrigerant flow dan outdoor menggunakan scroll type –automatic backup function).  

Selain itu, Terminal penumpang modern tanjung perak juga dilengkapi dengan dua unit garbarata   boarding bridge yang menghubungkan terminal penumpang dengan kapal melalui fasilitas berupa lorong yang dapat bergerak secara horisontal dan vertikal disesuaikan dengan posisi pintu pada dek kapal dilengkapi dengan pendingin udara.

"Jadi penumpang sudah dimanjakan dengan kenyamanan saat mulai masuk dan cek in kemudian naik ke rung tunggu dan pada saatnya masuk kedalam kapal laut," tambahnya.

Tak hanya itu, sambung Djarwo, gedung terminal tersebut juga menggunakan sistem Sewage Treatment Plant (STP) yaitu sistem air yang dapat mendaur ulang air buangan dari gedung itu sendiri menjadi air untuk flushing Toilet.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini