Share

Taufik Kurniawan, Insinyur Dua Kali Jadi Pimpinan DPR

Susi Fatimah , Okezone · Kamis 02 Oktober 2014 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 02 339 1047229 2BWQGcXURu.png Taufik Kurniawan, Insinyur Dua Kali Jadi Pimpinan DPR (Foto: taufikkurniawan.com)
A A A

JAKARTA - Nama politikus Partai Amanat Nasional (PAN) Taufik Kurniawan tak asing lagi, sebab sebelumnya dia menjabat sebagai Wakil Ketua DPR Bidang Koordinator Kesejahteraan Rakyat periode 2009-2014 menggantikan Marwoto Mintohardjono yang meninggal dunia.

 

Pria kelahiran Semarang, Jawa Tengah, 22 November 1967 itu akhirnya kembali terpilih menjadi Wakil Ketua DPR untuk kedua kalinya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Taufik terpilih menjadi anggota DPR mewakili Dapil Jawa Tengah VII meliputi Kebumen, Purbalingga, dan Banjarnegara. Dia sempat menduduki kursi anggota Komisi V DPR, kemudian terpilih menjadi ketua komisi V yang membidangi perhubungan, telekomunikasi, pekerjaan umum, perumahan rakyat, pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal.

 

Sementara di partai berlambang matahari itu, Taufik menjabat sebagai Sekretaris Jenderal. Sebelum masuk ke PAN pusat dan menduduki posisi sebagai orang nomor dua di Partai ini, Taufik sempat menjadi Ketua Ranting PAN Gajah Mungkur, Kota Semarang, salah satu deklarator PAN Kota Semarang serta PAN Jawa Tengah, dan menjabat Sekretaris DPW PAN di Jawa Tengah.

 

Suami dari Damayanti Wicaksono itu mengecap pendidikan dasar di SD pada tahun 1980, SMP pada 1983, SMA Semarang di tahun 1986. Sedangkan gelar kesarjanaan diperoleh dari almamater Teknik Kimia UNDIP (1991), kemudian magister di Pascasarjana UNDIP (1997), dan programa doktoral di FE UNDIP.

 

Selama menjadi mahasiswa, Taufik muda memiliki pengalaman organisasi sebagai Senat Mahasiswa FT UNDIP, Sekretaris KM Teknik Kimia UNDIP, dan Redaktur majalah Reaktor FT UNDIP.

 

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini