Share

Pelantikan Bung Karno Dirayakan dengan 50 Tusuk Sate

Nina Suartika , Okezone · Senin 20 Oktober 2014 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 19 337 1054216 YivE1wvPLy.jpg Pelantikan Bung Karno Dirayakan dengan 50 Tusuk Sate
A A A

JAKARTA - Indonesia sudah memiliki enam presiden. Sebelum menjalankan tugasnya sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, mereka harus dilantik terlebih dahulu. 

Jelang pelantikan presiden ke-7, Joko Widodo, Okezone merangkum kisah-kisah di balik pelantikan seorang presiden. Berikut kisahnya:

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Presiden Soekarno

Soekarno merupakan presiden pertama yang dimiliki oleh Indonesia. Usai mendeklarasikan kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945, Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) bersidang.

Dalam sidang tersebut mereka menetapkan Soekarno sebagai Presiden RI pertama dan Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden.

Kisah ini diceritakan dalam biografi Soekarno yang ditulis Cindy Adams berjudul Bung Karno, Penyambung Lidah Rakyat Indonesia yang diterbitkan Yayasan Bung Karno tahun 2007. "Nah kita sudah bernegara sejak kemarin. Dan sebuah negara memerlukan seorang presiden. Bagaimana kalau kita memilih Soekarno? "Soekarno pun menjawab, "Baiklah."

Sesederhana itu. Maka jadilah Soekarno sebagai presiden pertama RI. Sebagai negara yang baru berumur sehari, tidak ada mobil kepresidenan yang mengantar Soekarno sehingga dia pulang ke rumahnya dengan berjalan kaki.

"Di jalanan aku bertemu dengan tukang sate yang berdagang di kaki lima. Paduka Yang Mulia Presiden Republik Indonesia memanggil pedagang yang bertelanjang kaki itu dan mengeluarkan perintah pelaksanaannya yang pertama. Sate ayam 50 tusuk!," ujar Soekarno.

Soekarno kemudian jongkok di pinggir selokan dekat tempat sampah. Sambil berjongkok, lelaki kelahiran 6 Juni 1901 itu pun menghabiskan sate ayam 50 tusuk. Itulah pesta perayaan pelantikannya sebagai presiden RI. (ful)

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini