Share
Advertisement

Tips, Jangan Gunakan Cairan Pembersih Aerosol pada LCD

Wahyu Noor Hasan , Jurnalis-Senin 20 Oktober 2014 08:03 WIB
Tips, Jangan Gunakan Cairan Pembersih Aerosol pada LCD (Foto: Cnet)
Tips, Jangan Gunakan Cairan Pembersih Aerosol pada LCD (Foto: Cnet)
A
A
A
JAKARTA - Mungkin sudah banyak informasi yang didapat pengguna untuk membersihkan monitor dengan beragam cara. Namun, ada hal yang semestinya menjadi perhatian banyak pengguna perangkat elektronik dengan layar jenis LCD.

Untuk membersihkan sebuah layar datar memang diperlukan sebuah perhatian khusus. Karena, jenis layar datar baik untuk perangkat PC notebook maupun PC Desktop, serta televisi memilik ragam jenis yang berbeda. Beberapa vendor menggunakan panel LCD jenis AMOLED, Super LCD Tiga maupun lainnya.

Dikutip dari Cnet, Minggu (19/10/2014) untuk membersihkan sebuah layar datar jenis LCD. Ada baiknya bagi para pengguna memperhatikan bahan pembersih yang digunakan, apakah itu untuk jenis kain maupun cairan yang digunakan. Usahakan hindari carian aerosol untuk membersihkan layar, karena cairan ini bisa memberikan dampak korosi.

Selain itu, ada baiknya para pengguna menghindari beberapa hal berikut ini:

- Jangan gunakan cairan yang memberikan dampak buruk bagi layar, baik itu Aerasol maupun alkohol langsung yang bisa mengakibatkan korosi pada perangkat.
- Hindari juga penggunaan kain dari jenis bahan yang memiliki serat kasar. Ada baiknya, gunakan bahan halus tanpa serat, seperti halnya kain yang biasa diberikan dalam paket pembelian smartphone/ tablet.
- Hindari menggosok permukaan dengan benda tajam, maupun goresan langsung dari kuku.
- Jangan langsung menyemprotkan cairan langsung kepermukaan layar

Cara yang tepat untuk membersihkannya ialah, pengguna bisa menggunakan air hangat yang telah diberi sedikit sabun pembersih. Namun sebelumnya, bersihkan terlebih dahulu permukaan dengan kain lembut dari kotoran yang halus. Lalu, masukkan kain ke dalam air hangat yang telah tercampur sabun tersebut.

Namun, sebelum langsung membersihkan permukaan layar dengan kain basah tersebut, ada baiknya kain sedikit diperas, sehingga tidak terlalu basah dan ada air menetes yang keluar. Selanjutnya, pengguna bisa membersihkan langsung layar. Dan hal terakhir, langsung keringkan permukaan dengan bahan kain halus yang kering.

Dengan cara ini, pengguna bisa mendapatkan layar yang bersih tanpa takut lagi ada kotoran atau serta yang menempel setelah dibersihkan. Dan kemungkinan besar, layar pengguna akan tetap terjaga dari korosi maupun dot layar yang rusak.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement