Share

Penampilan Ibu Negara Indonesia dari Masa ke Masa

Ainun Fika Muftiarini, Okezone · Senin 20 Oktober 2014 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 20 194 1054689 0JMJ1QUNqQ.jpg Penampilan ibu negara Indonesia dari masa ke masa (Foto: Okezone)
A A A

TIDAK hanya presiden yang menjadi sorotan publik, tetapi ibu negara pun demikian. Hal itu terutama mengenai penampilan.

 

Bahkan, seorang ibu negara bisa menjadi trendsetter untuk dunia fashion. Apalagi, bagi mereka yang mempunyai ciri khas. Berikut ini beberapa ulasan terkait ibu negara di Indonesia dari masa ke masa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Era Soekarno

Soekarno dikenal sebagai presiden yang peduli terhadap keserasian dalam berbusana. Bahkan, dia menunjukkan perhatian kepada orang-orang di sekitarnya, termasuk ibu negara.

Fatmawati, misalnya. Soekarno memiliki perhatian dengan penampilan ibu negara pertama RI itu. Di berbagai acara, Fatmawati selalu tampil dengan gaya bersahaja. Ciri khasnya yakni kebaya dan kerudung renda.

Namun, tidak hanya kepada Fatmawati. Soekarno juga memberi pehatian kepada Hartini dan Ratna Sari Dewi.  

“Sampai Ibu Hartini juga diperhatikan. Beliau itu pakai kebaya kutu baru dan selendangnya di sebelah kiri. Ratna Sari Dewi juga sama, dia juga sering pakai konde,” tutur pengamat mode dan gaya hidup, Sonny Muchlison saat dihubungi Okezone, Senin (20/10/2014).

Era Soeharto

Sebagai ibu negara, Siti Hartinah Soeharto juga punya ciri khas. Perempuan yang akrab disapa Tien Soeharto itu memang selalu mengenakan kebaya kutu baru dan selendang di berbagai acara kenegaraan. Ciri khas lainnya adalah rambutnya yang disanggul Jawa dan dibungkus anyaman melati.

“Gayanya berkelas. Saking berkarisma, kabinetnya pun mengikuti,” imbuh dosen Institut Kesenian Jakarta (IKJ) itu.

Era Habibie

Penampilan mendiang Ainun Habibie saat menjadi ibu negara tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. Menurut Sonny, Ainun memiliki gaya yang sederhana. Ciri khas yang paling terlihat yakni ada pada rambutnya yang disanggul mini.

“Gaya Beliau sama seperti Ibu Tien,” katanya.

Shinta Nuriyah Wahid punya gaya khas (Foto: Abror Rizki)

Era Abdurrahman Wahid

Ketika menjadi ibu negara, Shinta Nuriyah Wahid juga punya gaya sendiri dalam berpenampilan. Ciri khas Shinta ada pada kain yang selalu dipakai untuk bawahan dan kerudung dari selendang yang dililit.

“Ini biasa dipakai oleh istri kiai,” kata Sonny.

Era Megawati

Sebagai seorang kepala negara, Megawati punya gaya sendiri ketika berpenampilan. Di berbagai acara kenegaraan, Megawati kerap mengenakan baju kurung.

Megawati punya gaya sendiri (Foto: Okezone)

 

“Gayanya memang kurang bergaung, sehingga orang tidak mengikuti dia. Kalau untuk gaya suaminya, bisa menyesuaikan,” tambahnya.

Era Susilo Bambang Yudhoyono

Ani Yudhoyono tampil elegan (Foto: Arif Julianto/Okezone)

Semua orang memiliki kekuatan masing-masing soal gaya penampilan. Begitu pula dengan gaya Ibu Negara Ani Yudhoyono.

“Ibu Ani dalam berbagai acara sering pakai tunik. Itu lebih sering terlihat ketika kunjungan kenegaraan ke luar negeri,” tutup Sonny.

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini