Share

Malaysia, Turis Asing Terbanyak ke Aceh

Johan Sompotan, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 20 406 1054827 mfzRPs6JL8.jpg Malaysia, Turis Asing Terbanyak ke Aceh (Foto:wikipedia)

HAMPIR seluruh wilayah Indonesia dipadati kunjungan turis asing, salah satunya Aceh. Meski, kuat dengan aturan Syariat Islamnya tapi turis asal Malaysia paling banyak datang kesana.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Banda Aceh, Reza Fahlevi mengatakan bila turis asing dari Asia adalah paling banyak wisatawan asal Malaysia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Aceh dengan Malaysia itu kan memiliki kedekatan jarak wilayah yang cukup dekat sehingga memudahkan turis asal Malaysia datang ke Aceh," jelasnya saat ditemui di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, belum lama ini.

Reza menambahkan jika Aceh memiliki tata krama istiadat Muslim yang kuat sehingga menjadikan Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam ini sebagai wisata Syariah ternama di Indonesia.

"Aceh itu juga sebagai tujuan wisata syariah yang ada di Indonesia, makanya turis Malaysia senang kesana," bebernya lagi.

Kebangkitan Aceh sebagai destinasi wisata yang kerap diburu turis asing khususnya Negeri Jiran ini berawal setelah kejadian bencana Tsunami yang dahsyat. Bahkan, pertumbuhan wisatawan asing maupun lokal perlahan semakin pesat.

Dirinya mengaku bila aktifitas turis Malaysia tersebut selain berbelanja, mereka kerap mendatangi Tsunami Heritage. Perlu diketahui bila Tsunami Heritage merupakan sebuah museum yang dirancang sebagai monumen simbolis untuk bencana gempa bumi dahsyat di Samudera Hindia pada tahun 2004 silam.

"Di Aceh terdapat Tsunami Heritage, tempat ini menjadi favorit turis Malaysia ketika berlibur ke Aceh," tutupnya.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini