Share

Asupan Vitamin Paling Dibutuhkan Balita

Erika Kurnia, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 08:43 WIB
$detail['images_title']
Asupan vitamin paling dibutuhkan balita (Foto: Boldsky)

IBU tentu selalu khawatir dengan kecukupan nutrisi anak. Selama tahap pertumbuhan jika anak Anda tidak menerima jumlah vitamin yang cukup, berbagai masalah kesehatan dapat dialami.

Ada banyak cara Anda dapat membuat nutrisi yang tersedia untuk sang anak. Tidak harus dengan suplemen buatan, Anda tetap bisa memberikan makanan alami pada Anak, seperti dikutip Boldsky, Senin (20/10/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Vitamin A

Vitamin ini tidak hanya membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi, tetapi juga membantu perbaikan jaringan dan tulang. Vitamin A adalah sumber yang baik untuk mata dan kulit yang sehat, serta memberikan respons imun yang baik. Vitamin ini banyak ditemukan dalam susu, keju, telur, wortel, ubi, dan labu.

Vitamin B

 

Vitamin B memiliki banyak variasi, mulai dari B2, B3, B6, dan B12. Ini membantu metabolisme, memberikan energi, serta sistem peredaran darah dan saraf yang sehat. Daging, ayam, ikan, kacang-kacangan, telur, susu, keju merupakan sumber vitamin B yang baik.

Vitamin C

Ini adalah vitamin yang digunakan untuk membantu memerbaiki sel darah merah, tulang, dan jaringan. Vitamin C juga membantu menjaga gusi sehat dan memerkuat pembuluh darah gusi. Selain itu, ini juga bagus bagi penyembuhan dan peningkatan sistem kekebalan tubuh, serta penyerapan makanan kaya zat besi.

Vitamin D

 

Vitamin yang diperlukan balita, seperti vitamin D yang dapat membantu tubuh menyerap mineral, kalsium untuk tulang dan gigi yang kuat. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh, produksi insulin, dan regulasi pertumbuhan sel. Produk susu, minyak ikan, dan sinar matahari adalah sumber vitamin D yang terbaik.

Vitamin E

 

Balita membutuhkan vitamin E dalam diet mereka. Vitamin ini membantu untuk melawan kuman dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini juga membantu dalam menjaga pembuluh darah terbuka untuk membantu melancarkan aliran darah. Sumber vitamin E dalam makanan terdapat dalam buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

(fik)