Share

Bumil Boleh Konsumsi Antibiotik, Asalkan?

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 20 Oktober 2014 20:30 WIB
$detail['images_title']
Antibiotik untuk ibu hamil (Foto:Telegraph)

MASA-masa kehamilan sangat rentan konsumsi obat-obatan, salah satunya adalah obat antibiotik. Karenanya, para ibu hamil harus memerhatikan hal ini sebaik mungkin.

Menurut  dr Robby Kurniawan dari House of Hario, penggunaan antibiotik untuk para ibu hamil ada jenisnya sendiri. Namun bukan berarti, bumil dilarang sama sekali menelan obat tersebut.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Di masa kehamilan atau laktasi, ada pilihan antibiotik tertentu dan itupun harus dalam pengawasan dokternya, terutama pada masa-masa trimester" tuturnya kepada Okezone, di Jakarta, belum lama ini

Beberapa antibiotik, lanjutnya, punya efek hepatotoksik, nefrotoksik, sitotoksik, dan lainnya. Maka, semua penggunaannya harus dalam pengawasan dokter.

Dia pun memaparkan efek samping jika Anda salah mengkonsumsi obat satu ini. Namun, semua tergantung jenis antibiotik dan usia kehamilan.

"Efek sampingnya bisa berupa gangguan pertumbuhan janin sampai hal berat lain," tegasnya.

(ren)