Share

Manfaat PTN Berstatus PTN BH

Margaret Puspitarini, Okezone · Senin 20 Oktober 2014 22:12 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 20 65 1054760 BZMJnxl7nO.jpg Manfaat PTN Berstatus PTN BH (Ilustrasi : farmasi.unpad.ac.id)

JAKARTA - Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) mengubah statusnya dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Lalu, apa sebenarnya perbedaan yang diperoleh PTN dengan berstatus PTN BH?

Salah satu PTN yang baru berganti status dari BLU menjadi PTN BH ialah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerja Sama Unpad Setiawan menjelaskan, Unpad memiliki kewenangan otonomi yang lebih luas dengan menjadi PTN BH, baik otonomi akademik maupun non-akademik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Di bidang akademik, Unpad memiliki kewenangan mengembangkan program studi (prodi) yang bisa merespons kebutuhan pasar dan aspek strategis di pemerintahan. Proses perizinannya pun bisa lebih cepat karena kewenangan otonomi tersebut," ujar Setiawan, seperti dikutip dari situs Unpad, Senin (20/10/2014).

Sedangkan pada bidang non-akademik, otonomi yang dilakukan adalah mengembangkan berbagai aset produktif untuk mendukung aktivitas Tridharma Perguruan Tinggi, seperti pembukaan usaha dari unit strategis. Namun, kata Setiawan, pengembangan aset tersebut bukan dalam rangka komersialiasi.

“Kami menggali dana bukan menjadikan misi universitas menjadi bergeser. Tetapi, semata-mata menunjang misi universitas sehingga akselerasinya lebih kuat dan lebih besar,” tegasnya.

Oleh karena itu, Unpad terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Baik terkait penguatan unit kerja, pengembangan kualitas dosen, maupun peningkatan kualitas lulusan yang mampu berdaya saing regional, nasional, dan internasional.

“Tentu saja dengan kepercayaan melakukan otonomi luas ini kita semakin meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kerja keras,” tutup Setiawan.

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini