Share

Alun-Alun di Turki Terburuk di Dunia

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 21 Oktober 2014 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 21 406 1055227 alun-alun-di-turki-terburuk-di-dunia-iD8CL2v4WO.jpg Alun-alun Turki (Foto:stuff)

TEMPAT berkumpulnya masyarakat saat sore hari adalah alun-alun. Di setiap negara punya alun-alun. Di Turki, dianggap memiliki alun-alun terburuk.

 

Alun-alun merupakan tempat berkumpulnya masyarakat. Biasanya, masyarakat berkumpul di alun-alun kota merayakan hari besar atau menyaksikan atraksi kesenian.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Oleh karenanya biasanya alun-alun kota dibuat agar sedap dipandang. Namun, Perdana Menteri Turki, Ahmet Davutoglu baru saja mencap alun-alun di kotanya terburuk.

 

“Jika seseorang mengatakan kepada saya bahwa Istanbul Taksim Square adalah alun-alun yang sempurna, maka saya mengatakan kepadanya adalah alun-alun paling jelek di dunia,” geram Davutoglu dikutip Stuff, Selasa (21/10/2014).

 

Untuk diketahui, sebuah kampanye kecil menyelamatkan Istanbul Gezi Park yang berdekatan dengan Istanbul Taksim Square mengundang kemarahan jutaan pengunjuk rasa. Delapan orang tewas dan ribuan lainnya terluka dalam konfrontasi antara demonstran dengan aparat kepolisian.

 

Jauh ke belakang, alun-alun tradisional menjadi titik protes politik tahun 1977. Sebanyak 34 orang tewas ketika orang bersenjata menembaki kerumunan massa melancarkan aksi damai di hari buruh.

 

Kini, banyak warga Istanbul memilih membiarkan alun-alun Istanbul Taksimi Square penuh beton-beton berbunyi bising dengan pekerjanya. Sehingga, alun-alun memiliki daya tarik atau hanya didominasi wisatawan yang hanya sekedar melintas.

(jjs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini