Share

Cuci Helm Bikin Rusak?

Santo Evren Sirait, Okezone · Rabu 22 Oktober 2014 17:28 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 22 15 1055660 cuci-helm-bikin-rusak-0okDq5uRgt.jpg Cuci Helm Pakai Air Bikin Rusak?

JAKARTA - Untuk menjaga kebersihan helm tidak sedikit orang melakukannya dengan cara mencuci menggunakan air. Tanpa disadari, mencuci helm menggunakan air ternyata bisa merusak bagian dalam helm terutama pada lapisan kedua berupa busa polystyrene (Styrofoam).

Untuk itu disarankan mencuci helm dengan cara dry clean sehingga lapisan yang ada di dalam helm tetap terjaga dengan baik dan tingkat kelembaban udara tidak berlebih.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

"Namanya lembab, bagian dalam helm bisa jadi kacau, makin bermasalah karena nanti bisa menimbulkan lengket, jadi sebaiknya tidak untuk di cuci dengan menggunakan air," kata Harry Suherman, President Director Cargloss di Jakarta.

Sementara itu mengenai perawatan bagian dalam khusus helm Arai, Harry menyarankan lebih baik mencucinya menggunakan teknik cuci kering (dry clean).

"Untuk merawat helm Arai, kita ada chemical, dan ada untuk dry clean karena kalau kita pakai air takutnya timbul kelembaban pada helmnya sendiri, memang sebetulnya helm membutuhkan kelembaban seperti styrofoam kalau sudah kelamaan kan pasti keropos Styrofoamnya makanya harus dijaga kelembabannya," urainya.

Lalu berapa waktu yang ideal untuk sebuah helm? "Standarnya, penggunaan helm 5 tahun sudah harus diganti." tutup Harry.

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini