Share

Cyber City, Seluruh Koperasi Didorong Online

Marieska Harya Virdhani (Okezone) , Okezone · Rabu 22 Oktober 2014 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 22 470 1055744 cyber-city-seluruh-koperasi-didorong-online-Uhcs8z1Bc8.jpg Cyber City, Seluruh Koperasi Didorong Online (foto : Okezone)
A A A

DEPOK - Cyber City adalah salah tujuan Pemerintah Kota Depok. Utntuk itu, Depok memiliki empat program andalan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD). Dalam bidang ekonomi, sistem lelang, perizinan dan pajak di Depok sudah menggunakan sistem online.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Kini, giliran koperasi yang didorong menggunakan sistem online untuk mempercepat pelayanan. Kepala Seksi Bina Lembaga Koperasi DKUP Kota Depok, Andi Kuswandi mencontohkan Koperasi KSP Makmur di Sawangan Depok menjadi koperasi yang pertama menggunakan sistem teknologi informasi.

”Di Depok baru ini, kami rasa ini menjadi salah satu pilot project juga di Depok. Ini salah satu koperasi yang menuju moderenisasi, dan bersinergi dengan program pemerintah kota,” tandas Andi di Depok, Rabu (22/10/2014).

Ia menjelaskan, tujuan penerapan sistem teknologi informasi di KSP Makmur tak lain sebagai bentuk pelayanan yang efektif dan efisien kepada anggotanya. Dengan sistem tersebut dikatakannya juga akan mengurangi kecurangan pada saat melakukan transaksi.

”Karena sistem informasi itu langsung pada saat transaksi, begitu juga laporannya masuk dan akurat. Sepanjang servernya hidup 24 jam, selama itu juga masyarakat dan anggota dapat mengakses informasi itu, hal ini dapat segera ditiru koperasi lainnya karena sejalan dengan Depok Menuju Cyber City,” terangnya.

Ketua Umum KSP Makmur Suharno menambahkan, dengan sudah onlinenya KSP Makmur, diharapkan dapat memberikan manfaat lebih kepada masyarakat. Pasalnya, sistem online itu tak lain untuk memudahkan 790 anggota baik yang ingin mengecek saldo, mengakses simpanan, mengetahui pinjaman dan angsuran.

”Dengan sistem online ini anggota pun bisa melakukan transaksi seperti memesan tiket pesawat, kereta api, pembayaran kredit motor, pembayaran tagihan listrik dan membeli pulsa. Semua dilakukan secara online dengan menggunakan saldo yang dimiliki anggota,” paparnya.(mut)

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini