Share

Cara Merawat Kontak Lensa dengan Benar

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 22 Oktober 2014 15:02 WIB
$detail['images_title']
Rawat lensa kontak (Foto: Healthmeup)

KEBANYAKAN orang memakai lensa kontak setiap hari namun lupa untuk merawat dan menjaga kebersihannya. Kelalaian tersebut seringkali membuat mata bermasalah dan memperpendek umur lensa kontak.  

Anda mungkin perlu mengingat kembali tips sederhana untuk merawat lensa kontak, sebagaimana dikutip dari Healthmeup, Rabu (22/10/2014).

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Cuci tangan sebelum memegang lensa

Selalu cuci tangan Anda sebelum Anda memegang lensa Anda. Gunakan sabun lembut tanpa parfum yang dapat meninggalkan lapisan ‘film’ di tangan yang mungkin mengiritasi mata saat Anda menyentuh mata.

 

Keringkan tangan

Hindari menyentuh lensa kontak dengan air biasa. Oleh karena itu, sekalah jari-jari tangan Anda hingga kering sebelum menyentuh lensa kontak.

 

Jaga kuku tetap pendek

Memiliki kuku yang panjang dapat berisiko melukai lensa mata Anda saat sedang memasang atau melepas lensa kontak.

 

Bilas lensa kontak dengan benar

Lensa dapat menumpuk kotoran dan bakteri saat dibiarkan di tempat terbuka dalam waktu lama. Jadi bilaslah lensa kontak dengan benar setiap hari dengan cairan garam khusus.

 

Pasang lensa kontak sebelum, make up

Biasakan untuk memakai lensa kontak Anda terlebih dahulu sebelum merias wajah Anda, agar tidak mengotori lensa kontak. Demikian pula ketika Anda hendak menghapus make up, pastikan lensa kontak dilepas terlebih dulu sebelum membersihkan make up.

 

Hindari air

Jangan biarkan air bersentuhan dengan lensa kontak Anda, karena kandungan mikroorganisme yang ada mungkin dapat merusak mata Anda. Hindari juga berenang atau mandi saat Anda memakai lensa Anda.

 

Membersihkan tempat lensa kontak

Tempat lensa kontak juga harus rutin dibersihkan. Cuci lah dengan air panas dan keringkan di udara kering. Mengganti casing lensa kontak Anda setiap beberapa bulan juga dianjurkan.

 

Jangan memakai lensa kontak untuk tidur

Jangan memakai lensa Anda saat Anda tidur. Pastikan Anda melepas lensa kontak sebelum pergi tidur.

 

Ganti lensa kontak saat terjadi infeksi

Jika Anda selalu mengalami gatal-gatal yang tidak biasa atau kemerahan di mata Anda setiap kali memakai lensa kontak, segera lah berhenti memakai lensa kontak Anda. Anda mungkin harus mengganti lensa kontak dengan yang baru atau periksa ke dokter jika infeksi yang dialami mata Anda tidak kunjung sembuh.

(ren)