Share

Nyawa Nita Tilana Tak Tertolong Akibat Kanker Serviks

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 22 Oktober 2014 19:30 WIB
$detail['images_title']
Cerita Armand GIGI soal kakaknya terkena kanker (Foto: Runi/Okezone)

KANKER serviks adalah penyakit yang kini menghantui wanita di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Masa inkubasi virus HPV penyebab kanker yang memakan waktu tahunan dan tanpa gejala, sering membuat penderita terlambat didiagnosa.

 

Mendiang Nita Tilana, penyanyi era 90-an yang merupakan saudara kandung Armand Maulana, adalah salah satu penderita kanker mulut rahim. Almarhum Nita langsung divonis stadium empat pada saat pertama kali diperiksa.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

 

“Almarhumah teh Nita, kita juga kaget. Kita enggak tahu, karena pada saat dipanggil ke rumah sakit tiba-tiba. Tadinya dikira sakit di usus buntu, di perut sebelah kiri. Tiba-tiba sudah divonis kanker serviks stadium empat,” cerita Armand Maulana kepada Okezone, di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, belum lama ini.

 

 

 Armand mengatakan Nita sempat melakukan berbagai macam pengobatan, baik medis maupun alternatif. Walau sempat dinyatakan sembuh, setahun setelah didiagnosa akhirnya Nita meninggal dunia.

 

Kanker serviks adalah kanker yang disebabkan Human Papilloma Virus (HPV), khususnya tipe 16 dan 18. Di Indonesia, kanker serviks menjadi penyakit mematikan bagi banyak perempuan di Indonesia. Kini, kurang lebih sebanyak 38 kasus baru kanker serviks ditemukan dan hampir 70 persen ditemukan dalam kondisi stadium lanjut atau rata-rata di atas stadium 2B.

 

(ren)