Share

Gigi Palsu Harus Direndam Air Semalaman

Erika Kurnia, Jurnalis · Rabu 22 Oktober 2014 21:14 WIB
$detail['images_title']
Cara merawat gigi palsu (Foto: Tooths)

ANDA mungkin sering melihat kebiasaan nenek atau kakek Anda merendam gigi palsu dalam air saat tidak dipakai. Menurut ahli gigi tiruan, perawatan tersebut dibenarkan untuk mencegah gigi tiruan atau gigi palsu dari kekeringan.

 

“Perawatan gigi tiruan memang harus direndam dalam air semalaman. Ini dimaksudkan agar gigi tiruan tidak kering dan mengerut,” tutur drg. Susi R. Puspitadewi, Sp. Prost., dokter ahli gigi tiruan, yang ditemui dalam seminar perawatan gigi tiruan, di Jakarta Selatan, Rabu (22/10/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Saat gigi palsu dilepas pada malam hari, gigi palsu juga tidak boleh diletakkan sembarangan. Hal ini karena air liur dan kotoran yang melekat dapat menimbulkan plak yang menyebabkan karang gigi.

 

“Kalau gigi palsu kotor, bila ada gigi yang tersisa, ini bisa menimbulkan gangguan. Gigi palsu yang kotor, juga bisa menimbulkan jamur. Sehingga jika kondisinya demikian, gigi palsu tidak boleh lagi dipakai,” jelasnya.

 

Oleh karena itu, dokter menyarankan agar gigi palsu rutin dibersihkan sebagaimana gigi asli, yaitu dua kali sehari. Gigi palsu sebaiknya direndam dengan tablet pembersih. Sementara menyikat gigi palsu tidak disarankan karena dapat menyebabkan abrasi pada gigi palsu.

(ren)