Share
Advertisement

Aplikasi Baru Nokia Percepat Koneksi 3G & Hemat Daya

Bhirawa Mbani , Jurnalis-Kamis 23 Oktober 2014 07:01 WIB
Ilustrasi aplikasi baru Nokia mempercepat Koneksi 3G (Foto: Trustedreviews)
Ilustrasi aplikasi baru Nokia mempercepat Koneksi 3G (Foto: Trustedreviews)
A
A
A
ESPOO – Nokia memang sudah tidak memproduksi telefon lagi karena telah menjual divisi mobile-nya ke Microsoft. Namun, hal tersebut tidak menghentikan perusahaan asal Finlandia ini melakukan percobaan di bidang telekomunikasi karena masih memiliki divisi layanan dan infrastruktur bern ama Nokia Networks.

Tujuan percobaan yang dilakukan Nokia Networks adalah meningkatkan kinerja telefon pintar di jaringan 3G. Hasilnya, sebuah perangkat lunak baru yang diklaim memiliki fitur mempercepat pengalaman berselancar di dunia maya dan mampu menghemat daya telefon pintar.

Melansir Trustedreviews, Rabu (22/10/2014), fitur tersebut dinamakan Nokia High Speed Cell FACH. Peningkatan kecepatan berselancar disebut Nokia sebesar 20 persen. Caranya adalah memotong sinyal yang dikeluarkan telefon pintar sebesar 80 persen dan menambah waktu respon sebesar 65 persen.

Tidak hanya itu, fitur ini dapat menghemat daya 40 persen, sehingga bisa menambah waktu hidup baterai.

Untuk menyimpulkan hasil tersebut, Nokia menjalankan aplikasi Whatsapp, Facebook Messenger, berselancar dunia maya dan mengirim surel (surat elektronik) dari telefon pintar. Hanya saja, agar bisa memiliki keuntungan dari fitur ini, telefon pintar yang digunakan harus memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon yang didukung oleh High Speed Cell FACH.

Mobile Broadband Portfolio Manager di Nokia Networks, Thorsten Robrecht mengatakan telefon pintar sudah mengalahkan telefon fitur dari segi penjualan. “Pada 2018, penetrasi telefon pintar di pasar negara berkembang diperkirakan melebihi 90 persen,” ucapnya.

Thorsten mengatakan lebih lanjut, dengan asumsi semua telefon pintar tersebut berfitur konektivitas 3G, maka penting untuk meningkatkan efisiensi jaringan pada saat kebutuhan sinyal semakin berat.

“Nokia Networks baru saja menawarkan sekelompok fitur unik perangkat lunak yang mampu mengurangi kebutuhan sinyal telefon pintar. High Speed Cell FACH adalah langkah terbaru,” ujar Thorsten.

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement