Share

Sarjana Jurnalistik Jangan Jadi Karyawan Aja!

Rachmad Faisal Harahap, Okezone · Rabu 22 Oktober 2014 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 22 65 1055784 sarjana-jurnalistik-jangan-jadi-karyawan-aja-Ke8yPbpNuZ.jpg Sarjana Jurnalistik Jangan Jadi Karyawan {Aja}! (Foto: dok. okezone)

JAKARTA – Sarjana jurnalistik tidak perlu terus berprofesi sebagai wartawan. Jika perlu, status karyawan meningkat menjadi pemilik media.

 

Motivasi ini diberikan dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung kepada 45 mahasiswanya saat mengunjungi kantor MNC Group, hari ini. "Saya tekankan dan beri motivasi kepada mahasiswa, jangan jadi karyawan saja, harus menjadi owner untuk memperbaiki kesejahteraan masyarakat," ujar pria yang akrab disapa Dul itu, saat berbincang dengan Okezone di MNC Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Rabu (22/10/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

 

Pengampu mata kuliah (matkul) jurnalisme televisi itu menjelaskan, pengetahuan saat kunjungan media ini dapat menjadi bekal saat mahasiswa harus menjalani praktik kerja lapangan (PKL) saat semester tujuh. Mereka diwajibkan menjalani PKL tersebut selama 40 hari.

 

"Nantinya, kami anjurkan atau rekomendasikan ke media yang dikenal berkualitas baik," ucapnya.

 

Dul mengklaim, lebih dari 70 persen mahasiswa yang mengikuti PKL tetap dipekerjakan media yang bersangkutan sampai lulus kuliah. Bahkan, banyak juga mahasiswanya yang diangkat menjadi karyawan kontrak.

 

Untuk urusan profesi, Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung juga memiliki ikatan alumni yang dapat dimanfaatkan mahasiswa dalam mencari pekerjaan. Mahasiswa juga bisa berbagi banyak hal di ikatan alumni tersebut. (fsl)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini