Share

Jokowi Teliti soal Jahitan Busana Penjahit Langganannya

Ainun Fika Muftiarini, Okezone · Kamis 23 Oktober 2014 13:08 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 23 194 1055969 jokowi-teliti-soal-jahitan-busana-penjahit-langganannya-zh4kfXGMVs.jpg Jokowi teliti soal jahitan busana penjahit langganannya (Foto: Antara)
A A A

ADA cerita menarik dari penjahit langganan Joko Widodo, Suparto. Menurutnya, pria yang akrab disapa Jokowi itu sangat teliti mengecek jahitan busana yang sudah dipesan.

Joko Widodo memang lebih banyak memesan kepada penjahit langganannya. Bahkan, pria yang baru saja dilantik sebagai presiden ketujuh RI itu termasuk rutin menjahitkan baju.

Suparto saat kunjungi redaksi Okezone (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

Adalah Suparto, pemilik Arjuna Tailor, di Solo, yang kerap menerima pesanan Jokowi. Menurutnya, pernah suatu ketika Jokowi dibelikan baju oleh sang anak. Namun, busana tersebut tidak suka dipakai.

"Kalau jahit ke saya itu satu sampai dua bulan pasti pesan," ucap Suparto kepada Okezone di Gedung HighEnd, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis 22 Oktober 2014.

Saat memesan baju, suami Iriana tersebut juga tidak hanya membuat satu. Tetapi, langsung tiga setel yang terdiri dari kemeja dan celana.

"Untuk kain biasanya dari Bapak, walaupun kadang-kadang saya juga menyediakan," imbuhnya.

Jokowi memerlihatkan busana khas Jokowi (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

Menjahit pakaian pesanan Jokowi juga diakui Suparto cukup mudah. Bahkan, dia hanya butuh waktu satu pekan untuk menyelesaikannya.

"Kalau pesan itu sama, celana sama kemeja. Tapi untuk kemeja, biasanya saya bikinkan yang saku satu atau dua, biar tidak sama modelnya," terang pria kelahiran Sragen, 11 Mei 1961, itu.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, saat memesan busana, Jokowi sendiri tidak banyak permintaan. Tapi, Suparto mengaku jika Jokowi sangat teliti dengan hasil yang sudah jadi.

"Beliau itu tidak rewel, tapi tetap diteliti jahitan atau benangnya. Dilihat sepintas," kata suami dari Suyati tersebut.

Setelah melihat kerapian benang, Jokowi biasanya melakukan fitting. Tujuannya untuk mengecek apakah baju yang dipesannya sudah sesuai ukuran.

Celana Jokowi selalu punya ciri khas (Foto: Feri Usmawan/Okezone)

"Dia pakai bajunya, ya dikancingkan. Sudah pas atau belum," imbuh ayah dari empat anak ini.

Bagi Suparto sendiri, hal tersebut bukan menjadi masalah besar. Justru ketika ada yang tidak sesuai, ini menjadi masukan untuknya.

"Kalau untuk Beliau, saya perhatikan khusus. Ini juga masukan ke saya kalau ada yang kurang pas," tutupnya ramah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini