Share

Polisi Gagalkan Penyelundupan Sabu ke LP Cipinang

Syamsul Anwar Khoemaeni , Okezone · Kamis 23 Oktober 2014 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 23 338 1056211 polisi-gagalkan-penyelundupan-sabu-ke-lp-cipinang-VHmPGbh9qo.jpg Polisi gagalkan penyelundupan sabu ke LP Cipinang (Foto: Okezone)
A A A
JAKARTA - Kabar peredaran sabu-sabu di lingkungan lapas bukanlah isapan jempol belaka. Hal tersebut tampak setelah tertangkapnya G (22), Minggu 19 Okyober 2014. Berdasarkan pengembangan kasus yang dilakukan Satuan Resor Narkotika Polrestro Jakarta Timur, G merupakan kurir yang bertugas mengantarkan 907,52 gram ke dalam lapas cipinang.

"Ditaruh di konter, biar diambil I, barang itu pesanan YF, tersangka yang sudah divonis seumur hidup," papar AKBP Afrizal, Kasat Narkoba Polrestro Jakarta Timur, Kamis (23/10/2014).

Berdasarkan keterangan I, yang merupakan petugas lapas bagian narkoba, pengiriman barang ini merupakan yang kedua kalinya.  "I diupah Rp2 juta, sedangkan G dapat Rp10 juta," imbuh Afrizal.

Lebih lanjut, barang tersebut merupakan bagian dari jaringan Malaysia. G mengambil tiga kilogram dari kawasan Kemayoran, lalu dipecah di apartemennya. G bertugas untuk mengirimkan barang tersebut ke LP Cipinang, sisanya dibawa HS ke Sulawesi Selatan.  "Nilainya mencapai Rp1 miliar," tambah Afrizal.

Dijelaskannya, modus operandi yang digunakan I dengan memanfaatkan para napi yang hendak bebas.  "Kalau sudah mau bebas sebulan lagi, napi sudah boleh keluar-masuk," ujar AKBP Afrizal.

Kepada petugas, I mengaku sudah pernah memasukkan barang haram tersebut sekali. Barang tersebut merupakan pesanan YF, narapidana yang divonis seumur hidup di LP Cipinang.

"I sebenarnya korban, soalnya waktu pertama kali ia disuruh ambil barang yang katanya makanan, tapi ternyata sabu-sabu," jelasnya.

Polrestro Jakarta Timur hingga kini masih mengembangkan kasus peredaran narkoba, tanpa terkecuali sindikat di dalam lapas.  "Kita sudah amankan YF, sudah tua, WNI keturunan Tionghoa," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini