Share

Nyaris Separuh Penduduk Indonesia Tak Miliki Akses Keuangan

Kurniasih Miftakhul Jannah , Okezone · Kamis 23 Oktober 2014 17:22 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 23 457 1056124 nyaris-separuh-penduduk-indonesia-tak-miliki-akses-keuangan-OFH2tzM3jv.jpg Nyaris Separuh Penduduk Indonesia Tak Miliki Akses Keuangan (Ilustrasi: Shutterstock)
A A A

JAKARTA – Nyaris separuh penduduk Indonesia belum memiliki akses ke layanan keuangan seperti bank. Jumlah tersebut lebih rendah dibandingkan dengan Malaysia yang telah mencapai 66 persen masyarakatnya memiliki akses ke perbankan.

Dalam riset yang dilakukan Mandiri Institute, dari jumlah 249 juta jiwa pada 2013, 48 persen penduduk belum memiliki akses ke layanan keuangan. Selain itu, baru 20 persen masyarakat yang berusia di atas 15 tahun, memiliki rekening di institusi keuangan formal. Saat ini, strategi nasional inklusi keuangan di Indonesia terdiri dari Strategi Nasional Financial Inclusion (SNFI) yang dikawal oleh Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). SNFI mencakup layanan keuangan digital (LKD) sementara SNLK mencakup layanan keuangan tanpa bank (Laku Pandai).

Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin berpendapat, ekosistem yang baik diperlukan untuk mendorong inklusi keuangan. Dia mencontohkan, penyaluran dana bantuan kepada masyarakat melalui agen bank dapat mendukung edukasi terhadap layanan keuangan digital.

Langkah ini juga dapat mengubah kebiasaan masyarakat dalam melakukan transaksi dari konsumtif menjadi saving. Pasalnya, bantuan tidak diterima dalam bentuk tunai tetapi masuk ke dalam rekening milik masyarakat.

“Sinergi dengan sektor lain, seperti telekomunikasi, pasar modal, asuransi dan institusi keuangan lainnya juga diperlukan untuk terus meningkatkan layanan yang dapat diberikan kepada masyarakat luas,” pungkas Budi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini