Share

Cuci Tangan Pakai Tisu Basah Boleh, Asalkan?

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 23 Oktober 2014 09:53 WIB
$detail['images_title']
Cuci tangan pakai tisu (Foto: Vygonvet)

SAAT keadaan terpaksa, banyak orang mengandalkan tisu basah untuk membersihkan telapak tangan. Bahkan, sebagian dari mereka juga mengklaim tisu basah efektif hilangkan kuman. Benarkah?

Menurut dr Ariani Dewi Widodo SpA, tisu basah menjadi salah satu pengganti sabun dan air untuk membersihkan kotoran di tangan. Tidak ada salahnya Anda menggunakan tisu basah di saat keadaan darurat jika tak menjumpai sanitasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Tisu basah mengajarkan cara terbaik cuci tangan di saat kepepet tidak ada air mengalir. Tapi begitu ketemu air mengalir, kita harus cepat-cepat cuci tangan pakai sabun dan dibilas dengan air mengalir,” ujarnya saat ditemui di Gedung Smesco Indonesia, Lantai 4, Ruang Serbaguna Nareswara, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, belum lama ini.

Selain tisu basah, hand sanitizer juga sering digunakan masyarakat untuk membersihkan tangan. Kedua solusi itu ternyata tidak mematikan kuman di tangan sampai bersih. Maka, wanita yang berprofesi dokter spesialis anak di Tania Kids Center, Jakarta Barat, terus menyerukan kebiasaan cuci tangan pakai tangan dan air mengalir sesuai program Kementrian Kesehatan untuk mengarah ke pola hidup sehat.

“Kemenkes selalu menyuruh kita cuci tangan di air mengalir. Meski itu pakai tisu basah atau hand sanitizer, kita juga harus tetap pakai air mengalir,” tutupnya.

 

(ren)