Share

Menkes Baru Harus Bisa Menyehatkan Indonesia

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 23 Oktober 2014 10:41 WIB
$detail['images_title']
Menkes baru pengganti Nafsiah Mboi harus bisa menyehatkan Indonesia (Foto: Okezone)

MENTERI kesehatan era pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla akan diumumkan dalam waktu dekat. Lantas, kriteria seperti apa yang diharapkan bisa menggantikan Nafsiah Mboi?

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Pengganti Nafsiah Mboi harus mampu sehatkan anak-anak (Foto: Okezone)

Mantan Ketua Umum  Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Kartono Mohamad mengatakan, siapa pun menteri kesehatan yang akan menjabat nanti harus bisa menyehatkan Indonesia dari banyak segi. Hal ini bertujuan pembangunan Indonesia semakin lancar dan maju jika masyarakatnya hidup sehat.

“Harapannya punya visi untuk Indonesia sehat. Bukan dari pengobatan saja, tapi juga buat Indonesia terhindar dari sakit, agar bisa memajukan pembangunan,” tuturnya kepada Okezone di Mercantile Athletic Club, World Trade Center 1, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu 22 Oktober 2014.

Nafsiah Mboi sapa pasien kusta di RS Sitanala (Foto: Okezone)

 

Menurutnya, persaingan antarbangsa itu bukan dilihat dari sumber daya alam. Tetapi, bergantung kualitas sumber daya manusia yang terus ingin maju dan kesehatan menjadi hal vital.

“Lihat saja Jepang. Tidak punya sumber daya alam sudah bisa bersaing, karena sumber daya manusianya sehat-sehat,” jelasnya.

Pria ramah ini menginginkan pembenahan bidang kesehatan yang wajib dilakukan menkes era Jokowi-JK. Dia mengharapkan, pemerintah harus mampu menyehatkan anak-anak Indonesia.

“Yang harus dibenahi sekarang, supaya anak-anak dari kecil harus sehat, remaja sehat, dan dewasa jadi pintar. Terpenting, menkes harus punya konsep untuk menyehatkan, bukan menyembuhkan,” tegasnya.

(ren)