Share

Mengenal Jenis-Jenis Gigi Palsu

Erika Kurnia, Jurnalis · Kamis 23 Oktober 2014 17:56 WIB
$detail['images_title']
Mengenal jenis gigi palsu (Foto: Wisegeek)

GIGI tiruan ada beberapa macam, dua kelompok besar dari jenis gigi tiruan adalah cekat dan lepasan. Masing-masing jenis tentu memiliki fungsi dan manfaat yang berbeda.

Gigi tiruan cekat sendiri ada dua macam, yaitu jaket dan implan. Gigi tiruan cekat diperuntukan untuk memperbaiki atau mengganti satu dua gigi yang tanggal. Gigi tiruan jenis ini bagus untuk memperbaiki estetika dan tentunya mengembalikan fungsi gigi seperti semula.

Menurut drg. Susi R. Puspitadewi, Sp. Prost., kekurangan dari gigi tiruan cekat adalah hanya bisa diterapkan pada gigi tertentu. Kelebihan dari gigi tiruan cekat adalah lebih kuat daripada gigi tiruan lepas.

“Salah satu gigi tiruan cekat adalah jaket atau crown yang dimasukkan ke gigi yang ada. Tekniknya gigi asli harus diasah sehingga ini dapat merusak struktur gigi,” tuturnya saat ditemui di Jakarta, baru-baru ini.

Gigi tiruan lainnya adalah gigi implan yang ditanam ke tulang rahang. Tidak semua orang bisa melakukan implan karena prosedurnya yang teliti dan rumit, dengan persyaratan seperti: tebal gusi harus sesuai dan bukan perokok, karena zat rokok akan menyulitkan penyatuan implan dengan tulang.

Sementara itu, gigi tiruan lepas umumnya diperuntukan bagi mereka yang membutuhkan banyak gigi baru, seperti pada lansia. Gigi tiruan lepas terbilang mudah pembuatannya. Namun ketidaknyamanan mungkin ditimbulkan karena adanya plat yang menempel ke gusi.

“Persiapan untuk memasang gigi lepasan seperti pembersihan gigi, terutama kalau ada gigi asli yang masih tersisa, juga penambalan gigi jika ada yang berlubang,” imbuh drg. Susi.

Mengenai harga, gigi tiruan cekat terbilang lebih mahal daripada gigi tiruan lepas. Gigi implan misalnya, bisa 10 kali lipat lebih mahal daripada gigi tiruan lepas. Bahan pembuat gigi tiruan cekat juga lebih kuat dan bervariasi, ada yang logam dan porselen. Sementara gigi tiruan lepas umumnya terbuat dari akrilik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)