Share

Waspada, Dehidrasi Bikin Sering Sembelit

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 23 Oktober 2014 22:02 WIB
$detail['images_title']
Bahaya dehidrasi bikin sembelit (Foto:Nutricion)
SEMBELIT membuat kondisi badan tidak mengenakkan. Banyak penyebab dari sembelit, salah satunya saat Anda mengalami dehidrasi, terutama saat musim kemarau. Ada delapan penyebab susah Buang Air Besar (BAB), seperti dilansir Womenshealthmag, Kamis (23/10/2014):

Masa penyembuhan usai operasi

 Seusai melakukan operasi, sisa-sisa nyeri di bagian perut masih terasa. Sebagian orang mengkonsumsi obat penghilang nyeri, namun berefek pada rasa sembelit. Jika Anda mengalami masalah ini, secepatnya konsultasikan kepada dokter agar tak menjadi penyakit jangka panjang.

Dehidrasi

Saat musim kemarau, dehidrasi sering mengikuti hari Anda. Jika mengkonsumsi makanan berserat di saat dehidrasi, berpotensi akan mengganggu sistem pencernaan, sehingga timbul sembelit. Untuk itu, Anda harus lebih seimbang dalam menyantap makanan berserat dan minum air putih cukup.

Kurangnya asupan gizi yodium

Istilah ini lebih dikenal dengan Hipotiroidisme. Jika beragam masalah penyebab sembelit terungkap, seharusnya dokter juga harus memeriksa fungsi tiroid. Sebuah tiroid berfungsi melepaskan hormon yang terkait dengan proses dalam tubuh, termasuk sistem pencernaan. Tanpa hormon yang penting, usus tidak dapat bekerja dengan benar sehingga membuat Anda susah BAB.

Mengalami penyakit kronis

Jika mengalami sembelit terus-menerus, dikhawatirkan Anda terkena diagnosis gangguan pencernaan seperti Irritable Bowl Syndrome (IBS), yakni berupa diare atau sembelit dominan.

Untuk mengurangi masalah ini, Anda harus makan sehat, minum banyak air dan menyantap makanan yang mengandung 25 gram serat setiap hari. Ada dua bentuk serta, yaitu serat yang dapat larut dalam air seperti apel, gandum dan kacang-kacangan. Sedangkan serat yang tak dapat larut, yakni gandum, brokoli dan sayuran hijau tua.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)