Share

Enam Sekolah di Pacitan Direnovasi

Margaret Puspitarini, Okezone · Kamis 23 Oktober 2014 20:33 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 23 65 1056217 enam-sekolah-di-pacitan-direnovasi-p2eBDpL6um.jpg Foto : Enam Sekolah di Pacitan Direnovasi/Astra

JAKARTA - Sebuah institusi pendidikan harus dilengkapi sarana dan prasarana yang baik. Namun, belum semua sekolah di Indonesia memiliki kondisi gedung layak sebagai tempat menempuh pendidikan.

Oleh karena itu, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D Ruslim (YPA-MDR), melakukan renovasi enam gedung sekolah di Kabupaten Pacitan. Keenam bangunan tersebut terdiri atas lima gedung SD dan satu gedung SMP Negeri. Tidak hanya itu, mereka juga membangun sebuah rumah pintar di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan.

Direktur PT Astra International Tbk Paulus Bambang Widjanarko Santoso menyatakan, sumbangsih tersebut merupakan perwujudan filosofi Astra Menjadi aset yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Dia berharap dapat turut serta meningkatkan akses masyarakat, terutama di daerah tertinggal untuk meraih pendidikan.

"Dengan berbagai program tersebut, Astra berusaha membantu untuk meningkatkan kualitas sekolah-sekolah di daerah tertinggal. Sehingga ikut meningkatkan pendidikan anak bangsa yang cerdas, berkarakter, mandiri, serta peduli untuk membangun daerahnya," ujar Paulus, seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Kamis (23/10/2014).

Tidak hanya membenahi bangunan sekolah, bantuan yang diberikan juga meliputi pelatihan dan pembinaan akademis bagi kepala sekolah, guru, dan karyawan sekolah.

Pembinaan yang dimaksud berupa pembiasaan nilai agar menjadi karakter, kecakapan hidup, Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dan perpustakaan, serta seni dan budaya.

Terkait rumah pintar, pengelola fasilitas tersebut yang merupakan penduduk setempat juga mendapatkan pembinaan. Mulai dari cara mengajak masyarakat untuk gemar membaca, mengajarkan anak memilih permainan yang mendidik, membantu anak mengembangkan kemampuan bahasa maupun teknologi informasi, hingga melatih keterampilan masyarakat sekitar agar dapat menghasilkan produk unggulan setempat.

Sampai saat ini, YPA-MDR, sudah melakukan pembinaan pada 50 sekolah negeri, yaitu 38 SD, 10 SMP, dan dua SMK dengan jumlah siswa mencapai 10.839 siswa serta 835 pendidik dan tenaga kependidikan. Semua sekolah tersebut tersebar di berbagai wilayah di Indonesia, dari Sumatera hingga Kalimantan.

Dari pembinaan intensif YPA-MDR, sekolah-sekolah binaan tersebut telah mampu meraih predikat dan prestasi yang membanggakan. Baik di bidang akademik maupun non akademik, termasuk berhasil mendapatkan akreditasi sekolah A berdasarkan Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrg)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini