Share

Gaji Pejabat Honda Dipotong untuk Tutupi Biaya Recall Mobil

Anton Suhartono, Okezone · Jum'at 24 Oktober 2014 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 24 15 1056360 gaji-pejabat-honda-dipotong-untuk-tutupi-biaya-recall-mobil-Uqpb3PIJqU.jpg Honda memotong gaji para pejabatnya antara 10 dan 20% (Ilustrasi, Foto: Reuters)

TOKYO - Honda Motor mengumumkan recall terbaru terhadap model Fit hybrid (di Indonesia dikenal dengan Jazz). Ini merupakan recall kelima terhadap Fit hybrid di Jepang yang dilakukan Honda dalam setahun terakhir.

Sejauh ini sudah 425.825 unit Fit hybrid yang di-recall di Jepang. Jumlah tersebut belum termasuk model lain yang di-recall akibat permasalahan pada airbag.


"Kami sudah membuat banyak konsumen tidak nyaman dan kami benar-benar minta maaf," ucap Juru Bicara Honda Motor, Akemi Ondo, seperti dikutip Okezone dari Reuters, Jumat (24/10/2014).

Meski demikian tidak ada laporan kematian atau korban luka di Jepang terkait masalah pada Fit hybrid dan model lain yang di-recall karena permasalahan airbag.


Akemi menambahkan, recall yang terbaru ini akan memakan dana 5,7 miliar yen atau sekira Rp636 miliar. Dampaknya, pendapatan produsen mobil berlogo "H" itu tahun ini akan minim.

Total biaya yang dikeluarkan Honda untuk lima kali recall Fit hybrid mencapai 16,5 miliar yen atau sekira Rp1,8 triliun.

Dilanjutkannya, hingga tiga bulan ke depan, gaji Chief Executive Officer (CEO) Honda Motor, Takanobu Ito, akan dipotong 20 persen. Selain itu, pejabat lain termasuk Chairman Fumihiko Ike dan Executive Vice President Tetsuo Iwamura akan dipotong 10 persen.

Akibat gelombang recall besar-besaran ini, Honda juga menugaskan Senior Managing Officer Koichi Fukuo untuk mengawasi kualitas produk-produk Honda.

Selain Fit, produk hybrid Honda yang akan di-recall dalam waktu dekat adalah Vezel (di Indonesia dikenal dengan HR-V). Fit bermesin bensin dan N-WGN juga dikabarkan akan di-recall. Honda juga akan menarik 183 unit di negara lain karena permasalahan yang sama.

Fit hybrid di-recall pertama kali pada Oktober 2013 atau sebulan setelah diluncurkan. Fit hybrid mengalami masalah pada sistem kontrol transmisi tujuh percepatan. Dua kali recall setelah itu juga disebabkan permasalahan yang sama.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini