Share
Advertisement

TV Terbaru Gunakan Teknologi Atom Artifisial

Bhirawa Mbani , Jurnalis-Jum'at 24 Oktober 2014 18:36 WIB
TV Terbaru Gunakan Teknologi Atom Artifisial (Foto: Physicsworld)
TV Terbaru Gunakan Teknologi Atom Artifisial (Foto: Physicsworld)
A
A
A
NEW SOUTH WALES – Atom sejatinya melepaskan warna saat sedang aktif. Peneliti saat ini mulai menciptakan atom sendiri atau custom dengan berbagai warna untuk membantu penciptaan TV layar datar yang lebih jernih.


Tantangannya adalah menciptakan atom custom. Melansir Sciencealert, Jumat (24/10/2014) secara naluriah atom membentuk apa pun  yang kita kenal dan menciptakan warna tertentu saat aktif tergantung jenis atomnya.

Contohnya, atom sodium dapat melepaskan cahaya warna kuning seperti yang terlihat di lampu sodium dan atom barium yang menciptakan warna hijau seperti yang terlihat di kembang api.

Peneliti saat ini sedang selangkah lebih maju menciptakan atom artifisial yang bisa digunakan dalam pembuatan TV layar datar terbaru. Teknologi ini dikenal sebagai quantum dot technology. Kegunaannya adalah membantu penciptaan gambar yang lebih jernih dengan berbagai warna yang lebih banyak.

Bagaimana caranya? Untuk menghasilkan teknologi tersebut peneliti mesti tahu cara mereplikasi struktur alami sebuah atom. Andrea Morello, peneliti dari University of New South Wales Faculty of Engineering menjelaskan kalau caranya adalah dengan memahami perilaku kuantum sebuah elektron.

Secara alami, sebuah elektron punya panjang gelombang spesifik, seperti senar gitar yang mengeluarkan nada berbeda tergantung letak petikannya. Hanya saja, dalam sebuah atom, nukleus yang beratribut positif secara konstan menarik perhatian sebuah atom, sehingga membatasi geraknya.

Artinya, sebuah elektron hanya bisa berputar di sebuah atom dalam tingkatan energi yang sangat spesifik tergantung dari panjang gelombang yang diatur oleh massa sebuah elektron.

Penjelasan tersebut memberikan peneliti teori untuk membuat atom yang bisa diatur warnanya.

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement