Share

Konflik Rumah Tangga Picu Remaja Konsumsi Narkoba

Fiddy Anggriawan , Okezone · Jum'at 24 Oktober 2014 01:24 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 24 337 1056268 konflik-rumah-tangga-picu-remaja-konsumsi-narkoba-6EGdpejZzQ.jpg Konflik Rumah Tangga Picu Remaja Konsumsi Narkoba (foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Kenakalan remaja adalah bentuk kegagalan remaja dalam proses perkembangan jiwanya baik saat masa remajanya itu sendiri maupun masa anak-anak. Secara psikologis, kenakalan remaja merupakan wujud dari konflik-konflik yang tidak terselesaikan.

"Dari konflik-konflik yang tidak terselesaikan inilah kemudian mereka mencari caranya sendiri untuk menyelesaikan secara instant, termasuk mencoba-coba narkoba.” kata Rusdiana HB, Analis Monitoring Kekambuhan, Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, saat diskusi di Aula Kelurahan Pasar Manggis, Jakarta, Kamis (23/10/2014).

Menurut dia, penyalahgunaan narkoba pada remaja dimulai dari coba-coba dan kemudian menjadi kecanduan. "Adik-adik jangan muda terpengaruh oleh rayuan teman sabaya yang menggunakan narkoba," sambungnya.

Rusdiana menambahkan, biasanya bandar narkoba memanfaatkan rekan sebaya untuk mencari calon-calon pengguna narkoba. Oleh karena itu remaja diminta untuk menjaga dirinya dari penyalahgunaan narkoba.

"Adik-adik harus berani menolok segala bentuk penyalahgunaan narkoba," tegas Rusdiana.

Sementara itu Kasi Perencanaan Direktorat Paska Rehabilitasi Deputi Bidang Rehabilitasi BNN, Dokter Yoseph Yody, mengatakan perlu berbagai upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba agar tidak semakin merajalela.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan, lanjut Jody, adalah dengan melakukan kontrol terhadap penggunaan obat-obatan yang sering paka. "Penggunaan obat harus sesuai dengan dosis yang tertera di belakang kemasan," terang Jody.

Dulu sebelum BPOM menarik obat-obat batuk yang mengandung dextromethorphan atau yang dikenal dengan dekstro dari pasaran, banyak remaja yang menggunakan dekstro sebelum tawuran karena penggunaan dalam dosis tertentu dapat meningkatkan kepercayaan diri dan keberanian.

"Penggunaan obat-obatan secara sembarangan berpotensi menjadi remaja untuk menggunakan narkoba jenis lain," tutup Jody.(fid)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ded)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini