Share

Liburan Tahun Baru, Cek Dulu Rapor Finansial Anda!

Athurtian , Okezone · Sabtu 25 Oktober 2014 06:43 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 24 457 1056493 liburan-tahun-baru-cek-dulu-rapor-finansial-anda-6yrt2RmpXP.jpg Liburan Tahun Baru, Cek Dulu Rapor Finansial Anda! (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Liburan Tahun Baru menjadi hal yang ditunggu banyak orang. Tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah mengecek rapor finansial Anda.

"Semaksimal mungkin cek nilai rapor finansial keuangan atau kondisi kesehatan keuangan Anda. Keuangan juga harus dinilai dari finansial diagnosa. Kalau dilihat dari finansial diagnosa masih ada rapor merah atau ada utang," kata perencana keuangan, Risza Bambang, kepada Okezone di Jakarta.

"Lebih baik memperbaiki rapor merah finansial. Misalnya rapor finansial Anda merah, diubah jadi rapor biru atau rapor financial Anda nilainya enam bisa diubah jadi tujuh," tambah dia.

Dia menambahkan, ada tiga hal yang harus diperhatikan dalam merencanakan liburan.

Pertama, liburan tahun baru. Liburan karena memang libur akhir tahun seperti Natal atau liburan sekolah.

Kedua, akhir tahun biasanya dapat bonus akhir tahun.

Ketiga, lihat kondisi cuaca pada akhir tahun karena biasa bulan Desember itu hujan, jangan ke tempat yang tidak mendukung dan bisa menurunkan kondisi kesehatan.

"Liburan harus dibuat perencanaan setahun sebelumnya. Berhubung tinggal tiga bulan lagi Oktober, November dan Desember. Perlu diperhatikan tempat liburan, transportasi, akomodasi, cuaca dan yang terpenting budget untuk semua. Ingat liburan berdasarkan kebutuhan bukan keinginan," ujar Dia.

Dia menjelaskan bahwa untuk keluarga kecil yang ingin liburan. Perlu menyediakan anggaran 6-9 kali gaji. Sedangkan, yang masih single 3-6 kali gaji.

"Dispoin income, lihat nilai surplusnya. Dari nilai surplusnya bisa liburan ke mana atau bisa diambil dari dana investasi. Yang single bisa menganggarkan 3-6 kali gaji, keluarga 6-9 gaji," tandasnya.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini