Share

Rayakan Tahun Baru di Luar Negeri? Ini Tips Mengatur Uangnya

Athurtian , Okezone · Minggu 26 Oktober 2014 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 24 457 1056495 rayakan-tahun-baru-di-luar-negeri-ini-tips-mengatur-uangnya-vIe9gfeznU.jpg Rayakan Tahun Baru di Luar Negeri? Ini Tips Mengatur Uangnya. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Perayaan Tahun Baru biasanya dirayakan secara khusus. Bahkan, ada yang mengabadikan momentum pergantian tahun dengan berliburan akhir Tahun Baru di luar negeri. Namun, jangan sampai terjebak dalam suasana.

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) Budi Frensidy menyarankan, bila ingin merayakan tahun baru dengan perayaan spesial seperti ke luar negeri, lakukanlah dengan bijak. Sehingga keuangan Anda tetap terjaga.

"Tahun Baru adalah suatu kejadian yang berulang. Kalau tidak punya uang yang jangan dipaksakan. Jangan sampai meminjam uang hanya untuk perayaan tahun baru. Kelola keuangan dengan benar," ujar Budi Frensidy kepada Okezone di Jakarta.

Budi menjelaskan, perayaan Tahun Baru bisa direncanakan jauh-jauh hari. Kalau untuk merayakan hanya di dalam kota saja, menurutnya, tidak perlu perencanaan matang. Terkecuali, mau merayakannya di luar negeri, hal ini perlu direncanakan tiga bulan sebelumnya.

"Kalau mau dirayakan di luar negeri, jelas perlu direncanakan tiga bulan sebelumnya karena biasanya harga tiket pesawat, penginapan dan akomodasi bisa naik. Selisihnya bisa 30-40 persen " ujar dia.

Dia menambahkan bahwa untuk keluarga kecil yang ingin merayakan Tahun Baru hanya di dalam kota saja, bisa menyediakan dana sekira Rp500 ribu-Rp1 juta untuk makan-makan bersama. Sedangkan yang ingin jalan ke luar negeri, minimal Rp5 juta.

"Dana itu kan juga bisa sebagai reward anak yang berprestasi, sekaligus merayakan Tahun Baru," tandasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini