Share

Wagub : Sumut Butuh 60 Ribu Rumah Murah Tiap Tahun

Akbar Dongoran , Okezone · Jum'at 24 Oktober 2014 09:17 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 24 470 1056327 wagub-sumut-butuh-60-ribu-rumah-murah-tiap-tahun-urtlcWr5Nr.jpg Wagub : Sumut Butuh 60 Ribu Rumah Murah Tiap Tahun (Foto : Okezone)
A A A

MEDAN - Sumatera Utara (Sumut) setidaknya membutuhkan sebanyak 60.000 rumah murah setiap tahunnya. Tingginya jumlah penduduk Sumatera Utara hingga 2014 yang mencapai 13 juta jiwa, tentunya membuat kebutuhan akan rumah tinggal juga sangat tinggi terlebih pada masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Saat ini kebutuhan rumah murah di Sumatera Utara mencapai 60 ribu unit setiap tahunnya. Namun jumlah itu tak kunjung dapat dipenuhi para pelaku bisnis properti lokal, nasional maupun asing," kata Erry di Medan.

Sejauh ini, lanjut Erry, pembangunan perumahan masih terfokus pada perumahan mewah. Diapun memahami jika keuntungan dari bisnis rumah murah ini tidak sebesar bisnis properti besar. Tapi dia berharap, proporsi 20 persen untuk rumah murah dapat disediakan pengusaha, sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat.

Erry pun mengaku Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, siap memberikan kemudahan bagi pengusaha yang mau mengembangkan perumahan murah. Asalkan rencana pembangunan itu, tetap mengedepankan aspek lingkungan.

"Selagi pembangunan perumahan tidak merusak ekosistem, daerah aliran sungai, persawahan ataupun hutan, serta ketahanan pangan akibat alih fungsi, pasti akan kita dukung, Ini kita sedang siapkan konsep tata ruangnya,"seru Erry.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini