Share

"Bahas Kesehatan Kelamin Masih Dianggap Tabu"

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 25 Oktober 2014 02:26 WIB
$detail['images_title']
Dewi Gita mensosialisasikan kanker serviks (Foto: Runi/Okezone)

DEWI Gita adalah salah satu penyanyi wanita Indonesia yang didapuk sebagai duta kanker serviks. Saat mensosialisasikan penyakit yang menyerang alat kelamin dan reproduksi wanita ini, Dewi kerap kali dihadapkan dengan masyarakat yang masih menganggap tabu hal tersebut.

 

“Saya pernah ke daerah untuk mengedukasikan masalah kanker serviks. Kebanyakan ibu-ibu malu-malu ketika kita tunjukkan video bagaimana alat reproduksi perempuan dan laki-laki. Mereka tutup mata padahal mereka sudah tahu,” curhat Dewi kepada Okezone, di Jakarta, belum lama ini.

 

Dewi juga menyayangkan sulitnya mengedukasi laki-laki, khususnya seputar kanker serviks, karena budaya tabu. Padahal menurut Dewi, kepahaman tentang tubuh dan penyakit wanita harus dipahami laki-laki agar bisa disampaikan kekerabat wanita mereka.

 

“Laki-laki pun harus paham, karena mereka punya ibu, saudara perempuan, anak perempuan, dan isteri. Jadi mereka pun harus mau memahami dan menghargai. Begitu juga perempuan dengan pendamping laki-laki, mereka harus memahami apa yang dimiliki laki-laki,” tambahnya.

 

Wanita yang mulai menjadi duta kanker sejak tahun 2007 ini, mengharapkan agar masyarakat mulai meninggalkan ketabuan, khususnya yang menyangkut tubuh manusia dan kesehatan.

 

“Di era global seperti ini seharusnya masalah tabu sudah harus mulai dikurangi karena penyakit sekarang ini sudah semakin kompleks. Jadi edukasinya, updatenya pun setiap tahun akan berubah, sehingga dalam mengedukasi atau mencari informasi kita harus mampu mengikuti perkembangan zaman,” imbuhnya.

 

Walau sudah tidak terlalu sibuk sebagai duta, Dewi sesekali aktif lewat situs online dan menghadiri berbagai seminar yang diadakan lembaga Yayasan Kanker Indonesia sebagai bentuk pertanggungjawaban dan kasih sayangnya kepada perempuan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)