Share

Jokowi Harus Konsisten Bangun Kabinet Bersih

Marieska Harya Virdhani , Okezone · Sabtu 25 Oktober 2014 06:53 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 25 337 1056741 jokowi-harus-konsisten-bangun-kabinet-bersih-FehHIpH0LE.jpg Jokowi Harus Konsisten Bangun Kabinet Bersih (foto: ilustrasi)
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo dituntut konsisten membangun kabinet yang bersih. Orang-orang yang bermasalah jangan sampai masuk ke kabinet Jokowi, meski dekat dengan petinggi partai Koalisi Indonesia Hebat.

Pengamat politik Universitas Indonesia, Donni Edwin, mengatakan Jokowi jangan peduli, meski Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri marah karena orang dekatnya tidak diakomodir dalam kabinet.

"Jokowi jangan terjebak di tarik ulur ini, enggak apa-apa (Bu Mega marah), kan Jokowi Presiden punya hak prerogatif untuk calonkan menteri di dalam kabinetnya," kata Donni kepada Okezone, Jumat (24/10/2014) malam.

Untuk diketahui, Rini Mariani Soemarno Soewandi, sosok yang selama ini dikenal dekat dengan Megawati disebut-sebut masuk dalam formasi kabinet Jokowi-JK. Namun, ada dugaan nama perempuan kelahiran Amerika Serikat itu masuk dalam daftar merah atau kuning Komisi Pemberantasan Korupsi dan PPATK.

Menurut Donni, harus mendengarkan apa yang jadi rekomendasi KPK. "Menurut saya kalau diberi catatan KPK ya diikuti saja rekomendasinya, Jokowi harus konsisten," paparnya.

Donni menambahkan sejak awal Jokowi yang meminta KPK dan PPATK untuk menilai nama-nama menterinya. Sehingga, lanjutnya, Jokowi semestinya tidak bersikeras memasukkan delapan nama merah dan kuning ke dalam postur kabinetnya.

"Kan Ketua KPK sudah bilang kalau merah dan kuning itu satu sampai dua tahun akan tersangka, jadi Jokowi harus ikuti saja," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(trk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini