Share

Kabinet Jokowi Harus Gambarkan Keterwakilan Daerah

Misbahol Munir , Okezone · Sabtu 25 Oktober 2014 19:29 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 25 337 1056914 kabinet-jokowi-harus-gambarkan-keterwakilan-daerah-QVBuFyjyOR.jpg Kabinet Jokowi Harus Gambarkan Keterwakilan Daerah (Doc. Okezone)
A A A

JAKARTA - Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus menggambarkan keterwakilan dari seluruh wilayah di Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hal demikian dikatakan Koordinator Pusat Forum Peduli Borneo, Gusti Nurpansyah, dalam rilisnya, Sabtu (25/10/2014).

Penyusunan kabinet yang berasal dari profesional murni dan partai politik cukup penting. Namun, tak kalah penting perihal keterwakilan daerah sebagai pertimbangan dari aspek geopolitik, historis dan sosiologis. Hal itu lantaran, Indonesia memiliki cakupan wilayah yang sangat luas.

"Keterwakilan wilayah sangat penting untuk pertimbangan geopolitik, historis dan sosiologis. Indonesia sangat luas, sehingga representasi wilayah harus diakomodir," jelas Gusti.

 
Menurutnya, salah satu wilayah yang layak mendapat posisi menteri adalah Kalimantan Selatan. Potensi sumber daya manusia di Kalimantan Selatan cukup mumpuni untuk menjadi menteri.

"Putra daerah yang mumpuni di Kalimantan Selatan cukup banyak, jadi tinggal dipilih," paparnya.

Ketua Kerukunan Warga Kalimantan Selatan, Yakob, mengungkapkan hal serupa. Kata Yakob, keinginan masyarakat Kalimantan Selatan agar putra daerahnya terpilih jadi menteri begitu kuat. Mereka bahkan telah mengirim surat ke presiden untuk persoalan tersebut.

"Kami menuntut agar Presiden Jokowi menempatkan wakil dari Kalimantan Selatan dalam kabinet. Saya khawatir, kalau tak ada keterwakilan di kabinet dan kemudian ada gejolak di Kalimantan hal itu bisa menjadi sulit dikendalikan," tegasnya.

Meski demikian pihaknya tidak akan memaksakan putra daerah Kalimantan Selatan masuk kabinet. Hal itu diserahkan sepenuhnya ke Jokowi-JK. (sna)

(sus)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini