Share

KMP Sapu Bersih AKD dan Badan DPR

Arief Setyadi , Okezone · Kamis 30 Oktober 2014 19:06 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 30 337 1059085 kmp-sapu-bersih-akd-dan-badan-dpr-cifi9WVDiT.jpg KMP sapu bersih AKD dan Badan DPR (Foto: Okezone)
A A A
JAKARTA - DPR kembali menetapkan susunan alat kelengkapan dewan (AKD) untuk pimpinan komisi V yang sebelumnya tertunda. Adapun yang ditunjuk sebagai Ketua komisi yang membidangi perhubungan, telekomunikasi, pekerjaan umum, perumahaan rakyat, pembangunan pedesaan dan kawasan tertinggal adalah Fary Djemi Franci dari Fraksi Gerindra.

Sementara itu, untuk Wakil Ketua Komisi V diduduki oleh Muhidin Mohammad Sair dari Fraksi Golkar, Michael Watimena dari Fraksi Demokrat, dan Yudi Widiana dari Fraksi PKS.

Demikian dipaparkan oleh pimpinan Komisi V sementara, Agus Hermanto di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Sedangkan untuk Komisi XI yang juga sebelumnya tertunda telah ditetapkan, sebagai Ketua, Fadel Muhammad dari Fraksi Golkar, Wakil Ketua, Gus Irawan Pasaribu dari Fraksi Gerindra, Marwan Cik Asan dari Fraksi Demokrat, dan Jon Erizal dari Fraksi PAN.

Sebelumnya, Koalisi Merah Putih (KMP) juga telah menetapkan sembilan Komisi DPR lainnya tanpa ada keterlibatan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

Sementara itu, untuk pemilihan pimpinan BKSAP yang dipimpin oleh Fadli Zon telah menetapkan Nurhayati Ali Assegaf dari Fraksi Demokrat sebagai Ketua BKSAP dan Wakil Ketua, Meutya Hafid dari Fraksi Golkar, Teguh Juwarno dari Fraksi PAN, Rofi'i Munawar dari Fraksi PKS.

Untuk BURT, telah ditetapkan Roem Kono dari Fraksi Golkar sebagai Ketua, kemudian Wakilnya, Novita Wijayanti dari Fraksi Gerindra dan Agung Budi Santoso dari Fraksi Demokrat.

Selanjutnya, pemilihan susunan pimpinan Majelis Kehormatan Dewan (MKD) yang dipimpin sementara oleh Fahri Hamzah, terpilih sebagai Ketua yakni Surahman Hidayat dari Fraksi PKS, Wakilnya Lili Asdjudireja dari Fraksi Golkar, dan Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra. MKD di periode lalu merupakan Badan Kehormatan (BK) yang fokus menjalankan tugas terkait dengan etik anggota DPR.

Kemudian, untuk Badan Legislasi (Baleg), terpilih Sareh Wiryono dari Fraksi Gerindra sebagai Ketua, dan wakilnya Firman Subagyo dari Fraksi Golkar, Saan Mustopa dari Fraksi Demokrat, dan Totok Daryanto dari Fraksi PAN.

Agus menyatakan semua berjalan dengan lancar, namun memang untuk penetapan Badan Anggaran (Banggar) belum dilakukan karena masih menunggu semua alat kelengkapan dewan dan badan terbentuk semua.

"Memang Banggar yang terakhir setelah semuanya terbentuk dari semua komisi dan fraksi," tuturnya.

Pemilihan pimpinan alat kelengkapan dewan dan badan ini dilakukan tanpa kehadiran fraksi partai yang ada di KIH yang terdiri dari PDIP, PKB, Hanura, NasDem, dan PPP.

Pasalnya, KMP dinilai tidak mengakomodir KIH terlebih tindakan parpol pengusung Prabowo-Hatta itu dianggap bertabrakan dengan UU MD3 dan Peraturan Tata Tertib DPR hingga akhirnya mengeluarkan mosi tidak percaya dan membentuk pimpinan DPR tandingan.

Alhasil, pimpinan alat kelengkapan dewan dan badan kini dikuasai oleh KMP, yang terdiri dari Gerindra, PKS,Golkar, PAN, dan Demokrat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hol)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini