Share

Solo Masuk Kota Berkembangnya Kelompok Radikal

Bramantyo , Okezone · Kamis 30 Oktober 2014 21:09 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 30 340 1059129 solo-masuk-kota-berkembangnya-kelompok-radikal-ZkJ2LgeubV.jpg Solo Masuk Kota Berkembangnya Kelompok Radikal (ilustrasi)
A A A

SOLO - Kota Solo, Jawa Tengah, masuk dalam daftar empat kota besar di Indonesia yang berpotensi untuk berkembangnya kelompok radikal.

Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Solo, Suharso, bahkan mencatat kota Solo menjadi satu dari empat kota di Indonesia yang memiliki potensi berkembangnya kelompok radikal selain Ambon, Dompu, dan Poso.

Munculnya nama Solo sebagai salah satu kota pemicu instabilitas disampaikan Kapolri Jenderal (Pol) Sutarman, beberapa waktu lalu.

Terlebih lagi beberapa waktu lalu, sempat mencuat terkait adanya deklarasi dan munculnya lambang Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) tersebar di beberapa wilayah di kota Solo.

“Karena Solo ikut disebut, makanya kita rapatkan barisan. Kita intensifkan penyuluhan terutama pada pelajar,” kata Suharso, Kamis (30/10/2014).

Suharso mencatat, banyak hal yang harus dilakukan untuk mencegah tumbuh kembangnya paham radikal tersebut. Bisa dengan penyuluhan untuk pelajar sebab kondisinya masih labil dan gampang terpengaruh, sehingga perlu dilakukan pendekatan secara persuasif kepada mereka.

“Mereka (pelajar) kan masih labil. Kalau dikasih ayat atau hadis sepotong-sepotong dan tidak punya kepahaman mendalam akan menjadi tertarik (paham radikal),” ujarnya.

Selain itu antisipasinya bisa juga dilakukan dengan komunikasi persuasif dan optimalkan dengan forum yang ada semisal (FKUB) Forum Komunikasi Umat Beragama.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini