Share

Pemilihan Bahan Baku Tentukan Kualitas Kain

Evi Elfira, Okezone · Sabtu 01 November 2014 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 31 194 1059594 pemilihan-bahan-baku-tentukan-kualitas-kain-HhPRQL4Neb.jpg Bahan baku tentukan kualitas kain (Foto : Evi/Okezone)
A A A

SELAIN melalui proses yang panjang, ada hal yang paling penting dalam pembuatan kain. Pemilihan bahan baku kain menentukan hasil dari kain yang dibuat.

Dalam beberapa bahan dasar kain yang tersedia, ada empat jenis bahan dasar yang dikenal untuk membuat kain. Bahan-bahan tersebut bisa berasal dari alam maupun sintetis.

"Bahan dasar untuk membuat kain yang dikenal diantaranya berasal dari binatang atau animal textil. Bahan tersebut adalah wool yang terbuat dari bulu domba serta sutera yang berasal dari ulat sutera," kata Lukas Ginting selaku Local Sales Manager PT. Trisula Textile Industries di pabrik tekstil Trisula, Leuwigajah, Cimahi, belum lama ini.

Selain itu, kain juga bisa dibuat dari serat tumbuhan, seperti katun dari tumbuhan kapas. Disamping itu, kain juga bisa dibuat dari vinyl ataupun bahan sintetis.

"Diantaranya bahan sintetis yang digunakan dalam pembuatan kain adalah polyester, nilon, arcrylic, satin dan spandex," tutup Lukas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fik)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini