Share

Susi Pudjiastuti: Negara Rugi Rp11 Triliun/Tahun dari Sektor Kelautan

Hendra Kusuma , Okezone · Jum'at 31 Oktober 2014 09:34 WIB
https: img.okezone.com content 2014 10 31 320 1059266 susi-pudjiastuti-negara-rugi-rp11-triliun-tahun-dari-sektor-kelautan-2q5WY3P2nB.jpg Susi Pudjiastuti: Negara Rugi Rp11 Triliun/Tahun dari Sektor Kelautan (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti mengatakan, negara selalu menerima kerugian di sektor kelautan lantaran pendapatan dari sektor tersebut tidak seimbang dengan subsidi yang telah diberikan pemerintah.

Dari total kapal yang beroperasi di Indoesia, Susi menuturkan ada 5.329 kapal yang beroperasi dengan alokasi subsidi BBM sebesar 2,1 juta kl per tahun.

"Pemerintah mensubsidi penangkapan ini Rp11,5 triliun, dan PNBP hanya sekitar Rp300 miliar, tentu negara kita dirugikan hampir Rp11 triliun," kata Susi di Kantornya, Jakarta, Jumat (31/10/2014).

Tidak hanya itu, Susi juga mengaku selalu dipertanyakan tanggung jawab mengenaI ilegal fishing. Menurut dia, ilegal fishing dan legal fishing akan menjadi sama jikalau cara pengerjaannya tidak sesuai dengan kaidah lingkungan.

"Terkait ekonomi itu harus yang suistanable, kalau tidak, tidak boleh dilakukan lagi, oleh itu kaidah lingkungan hatus dijalankan," tambahnya.

Kendati demikian, Susi berharap ke depan adanya kerjasama seluruh stakeholder dalam memaksimalkan potensi besar yang tersedian di kelautan dan perikanan Indonesia. Pasalnya, dari sektor tersebut bisa memberikan sumbangsih pendapatan untuk negara yang cukup besar.

"Saya ingin kita mendapatkan hal yang seimbang, sementara pendapatan negara yang didapatkan hanya seperti 20 persen," tukas dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini