Share

Ajarkan Menyikat Lidah Anak Itu Penting!

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 31 Oktober 2014 14:19 WIB
$detail['images_title']
Menyikat lidah bayi (Foto:Youwall)
IBU pasti sering melihat lapisan putih di lidah anak, terutama setelah meminum susu. Zat makanan yang masuk melalui mulut memang dapat meninggalkan sisa yang dapat melekat di lidah. Ini mungkin sering ditemui pada anak-anak yang belum tahu cara membersihkan mulut.
 

Sisa zat makanan yang menumpuk pada lidah apabila bertemu dengan bakteri dapat membentuk aroma tidak sedap yang menyebabkan bau mulut.

Menurut penelitian, bakteri di lidah menyumbang 80-90 persen bau mulut. Itulah mengapa penting bagi anak sejak dini diajarkan untuk membiasakan diri membersihkan lidah, selain menyikat gigi.

"Lidah itu sangat penting untuk dibersihkan. Ini karena di sana terdapat pori-pori yang dapat menyimpan sisa makanan," kata drg. Tri Erri Astoeti, Mkes., saat ditemui di FKG Universitas Trisakti, Grogol, Jakarta, belum lama ini.

Saat zat makanan yang bersisa atau kuat aromanya menempel di lidah, ini dapat menyebabkan bau mulut. Itulah mengapa, menurut drg. Tri Erri, saat anak mulai belajar menyikat gigi, anak juga harus diperkenalkan dengan pembersih lidah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)