Share

Benarkah Sering Minum Susu Rentan Patah Tulang?

Erika Kurnia, Jurnalis · Jum'at 31 Oktober 2014 21:10 WIB
$detail['images_title']
Sering minum susu rentan patah tulang pinggul (Foto:Sheknows)

SEBUAH studi baru menunjukkan bahwa banyak minum susu tidak menurunkan risiko patah tulang. Hal ini menurut penelitian yang dipublikasikan dalam British Medical Journal.

Tim peneliti dari Swedia menggambarkan bahwa, perempuan yang minum lebih dari tiga gelas susu sehari, sebenarnya lebih rentan terhadap patah tulang dibandingkan mereka yang kurang minum susu.

Susu telah lama direkomendasikan sebagai sumber kalsium yang baik untuk tulang. Namun, studi ini mempertimbangkan apakah itu mengarah kepada penguatan tulang dan mengurangi risiko patah tulang, ternyata memiliki hasil yang bertentangan.

"Perempuan yang minum tiga atau lebih gelas susu sehari, memiliki dua kali peluang kematian pada akhir penelitian daripada mereka yang minum kurang dari satu gelas sehari,” kata Profesor Karl Michaelsson, peneliti utama di Uppsala University.

Sebagaimana dilansir Torontosun, Jumat (31/10/2014), ia juga menambahkan, mereka yang mengonsumsi asupan susu tinggi juga memiliki risiko patah tulang pinggul setinggi 50 persen.

“Hasil penelitian kami mungkin mempertanyakan validitas rekomendasi untuk mengonsumsi susu dalam jumlah tinggi untuk mencegah patah tulang. Bagaimanapun, ini harus ditafsirkan dengan hati-hati mengingat desain observasional penelitian kami," tutupnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)