Share

Stroberi Bisa Memutihkan Gigi Hanya Mitos!

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 01 November 2014 12:24 WIB
$detail['images_title']
Stroberi bisa putihkan gigi hanya mitos (Foto:Lifehacker)

ANDA mungkin pernah mengetahui salah satu tip memutihkan gigi dengan buah atau campuran buah dan soda kue. Para ilmuwan menemukan bahwa kepercayaan tersebut, tidak sepenuhnya benar.

Faktanya, stroberi dan soda kue tidak memiliki kandungan pemutih. Mereka mungkin membuat gigi tampak putih, namun ini hanya sebatas membersihkan akumulasi plak dan noda di luar gigi, kata So Ran Kwon, penulis penelitian dari University of Iowa, Amerika Serikat.

“Anda tentu mengharapkan ada zat yang dapat terserap masuk ke dalam gigi untuk membuat molekul noda di gigi hilang. Jika zat yang Anda gunakan tidak bisa melakukan itu, Anda tentu tidak dapat memutihkan gigi dari dalam, seperti yang Anda inginkan,” tambah Kwon.

Alasan utama stroberi tidak dapat bekerja karena tidak ada zat kimia yang bekerja sebagai pemutih gigi. Hidrogen peroksida dan karbamid peroksida, bahan kunci di gigi yang menjadi bahan produk pemutih gigi, menurut American Dental Association.

Pada penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Operative Dentistry ini, para peneliti membandingkan pemutih gigi rumahan dengan stroberi dan soda kue dengan zat lain, seperti yang ada pada produk pemutih gigi profesional.

Gigi yang digosokkan campuran stroberi dan baking soda, terbukti tidak benar-benar memutihkan gigi. Ini berdasarkan tes pengukuran warna dan evaluasi dengan spektrofotometer, sebagaimana dilansir Thetimesofindia, Sabtu (1/10/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)