Share

Cara Mendeteksi Kanker Sendiri

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 01 November 2014 19:06 WIB
$detail['images_title']
Deteksi diri sendiri (Foto: ucsf)

PENGOBATAN modern dan sains telah lama mempelajari cara mendiagnosis penyakit kanker. Tetapi, ini masih menjadi penyakit paling ditakutkan di dunia dan sangat sering terlambat didiagnosa, sehingga dengan cepat menurunkan harapan hidup penderitanya.

Oleh karena itu, Anda perlu mempelajari tanda umum dari berbagai kanker untuk deteksi dini. Di bawah ini adalah lima cara untuk mendeteksi kanker sendiri, sebelum Anda melakukan tes ke dokter, seperti dikutip Naturalnews, Sabtu (1/11/2014).

Pembengkakan kelenjar limfa

Sejumlah kanker dapat membuat gangguan fisik yang terasa, seperti kanker payudara dan testis. Adanya kanker seringkali ditandai dengan pembengkakan atau penebalan kelenjar limfa. Walaupun ketika terserang penyakit pembengkakan limfa juga dapat terjadi, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pengecekan lebih lanjut.

Kesulitan menelan

Tanda ini seringkali diabaikan, karena memang banyak gangguan yang ditandai dengan kondisi ini, seperti batuk dan flu atau gangguan kesehatan. Namun, jika Anda menemukan gejala ini tanpa tanda-tanda lain dan berlangsung lama, ini mungkin menjadi tanda berkembangnya kanker tenggorokan. Anda harus segera memeriksakannya ke dokter, terlebih jika Anda memiliki riwayat merokok.

Perubahan kulit

Perubahan di kulit bisa menjadi sinyal dari kanker kulit atau perkembangan kanker lainnya. Hal umun yang harus Anda cari dari perubahan tersebut adalah rasa sakit, lesi, bercak kering yang memerah atau bengkak yang tidak dapat diobati dengan obat kulit.

Batuk

Seperti sakit tenggorokan, batuk seringkali menjadi pertanda alergi atau infeksi di saluran pernapasan atas. Namun, jika Anda menemukan batuk ini tidak seperti biasanya, bertahan lama, dan menjadi semakin dalam dan menunjukkan tanda-tanda aneh lain seperti lendir atau darah, bisa jadi ini pertanda kanker.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)