Share

Jelang BBM Naik, Mendag Siap Amankan Harga Beras

Prabawati Sriningrum , Okezone · Kamis 06 November 2014 10:55 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 06 320 1061791 jelang-bbm-naik-mendag-siap-amankan-harga-beras-HIQzErdVZG.jpg Ilustrasi beras. (Foto: Okezone)
A A A

JAKARTA - Menjelang rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi harga-harga bahan kebutuhan pokok, terutama beras, mengalami lonjakan. Oleh karenanya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan melakukan sidak pasar untuk menekan lonjakan harga.

"Sekarang sudah siap operasi pasar. Kalau memang sudah membahayakan, kita akan siap lakukan lagi," ungkap Menteri Perdagangan Rachmat Gobel di Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC), Jakarta, Kamis (6/11/2014).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Menurutnya, pada dasarnya fluktuasi harga yang ditakutkan tersebut sejauh ini belum terjadi. Terlebih stok beras dipastikan aman hingga enam bulan ke depan. "Namun kita yang namanya pedagang semua mencari. Ada kesempatan mereka selalu coba untuk naikkan. Kita coba untuk bagaimana kita bisa mengatasi hal itu," jelas dia.

 
 
Menurutnya, operasi pasar tersebut akan dilakukan di seluruh Indonesia, dengan rata-rata 20 ton beras per harinya. Berdasarkan kebutuhan beras untuk DKI Jakarta yang mencapai 2.500-3.000 ton per hari.

Bahkan, operasi pasar akan terus dilakukan hingga harga Beras dipastikan aman. "Terus kita lihat, kita akan memantau terus. Kita akan lakukan terus supaya kenaikan itu tidak dilakukan secara Berlebihan oleh para spekulan," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini