Share

BEC Hadirkan Tarian Mistis Seblang

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 21 November 2014 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 21 406 1069024 bec-hadirkan-tarian-mistis-seblang-YDy1CX7VFx.jpg BEC pada tahun 2012 (Foto: Wikipedia)

BANYUWANGI Ethno Carnival (BEC) tahun ini mengusung tema The Mistic Dance of Seblang. Menariknya, Tarian Seblang dilakukan penari dalam kondisi tidak sadarkan diri.

The Mistic Dance of Seblang sendiri terdiri dari tiga sub tema Tarian Seblang, yaitu yaitu Seblang Olehsari, Seblang Bakungan dan Porobungkil. PLT Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Yanuar Bramuda mengatakan bahwa, Tarian Seblang merupakan sebuah tarian ritual paling tua di Banyuwangi.

“Tari ini dimaksudkan sebagai usaha memperoleh ketenteraman, keselamatan, dan kesuburan tanah agar hasil panen melimpah. Ritual ini ditarikan seorang penari dalam kondisi trance, yaitu kondisi tak sadarkan diri, sebagai penghubung warga desa dengan arwah leluhurnya,” ujarnya melalui keterangan pers yang diterima redaksi Okezone, Jumat (21/11/2014).

Sementara itu, Seblang adalah suatu ritual upacara adat suku using yang biasa dijumpai di dua desa, yaitu Bakungan dan Olehsari. Seblang Olehsari ditarikan oleh perempuan muda dan biasanya digelar satu minggu setelah hari Raya Idul Fitri.

“Sedangkan Seblang Bakungan ditarikan oleh perempuan tua dan digelar satu minggu setelah hari Raya Idul Adha,” tambahnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini