Share

Kanker Ria Irawan Jenis Ganas Tinggi

Erika Kurnia, Jurnalis · Sabtu 22 November 2014 02:04 WIB
$detail['images_title']
Jenis kanker Ria Irawan ganas (Foto: Heru/Okezone)

KANKER termasuk penyakit terbanyak yang diderita masyarakat Indonesia. Penyakit kanker yang beragam jumlahnya memiliki angka kejadian yang berbeda-beda, termasuk pada kanker yang menyerang kelenjar getah bening.

Salah satu  yang menderita kanker getah bening adalah artis kawakan Ria Irawan. Ria divonis oleh dokter mengalami kanker getah bening stadium tiga.

Menurut ahli kanker medik, Prof. Dr. dr. Arry Harryanto Reksodiputro, SpPD-KHOM., kanker getah bening banyak menyerang masyarakat Indonesia. Bahkan, kejadian kanker ini umumnya adalah ganas tinggi, yang menempatkannya pada kanker yang paling sering diurutkan keenam.

“Di orang Indonesia, 70 persen angka kejadian adalah kanker getah bening ganas tinggi, sedangkan hanya ada 10 persen dengan kasus ganas rendah. Tingginya keganasan tinggi tersebut karena banyaknya kasus infeksi,” tuturnya kepada Okezone, dalam wawancara khusus di rumahnya, di bilangan Menteng, Jakarta Pusat.

Infeksi, akibat adanya gangguan sistem imunitas tubuh, menjadi penyebab utama dari kanker ini. “Kanker ini memang banyak berkaitan dengan infeksi, khususnya infeksi virus. Kalau orang sering infeksi, mereka lebih mudah mendapat penyakit limfoma daripada orang normal,” ujarnya.

Beberapa yang sering menjadi penyebab kanker ini, seperti cyto megalo virus (CMV) yang sering ditemukan di daerah kumuh, penyakit HIV/AIDS, virus herpes EBV, virus Hepatitis C, Helicobacter pylori yang sering menyerang pencernaan, bahkan juga virus penyebab asma.

Kanker ganas tinggi dapat dilihat dari kecepatan kanker tumbuh dan menyebar, serta efek yang memicu gejala sistemik pada penderita. Gejala-gejala yang mungkin terlihat pada penderita seperti seringnya demam tinggi, nafsu makan berkurang, berat badan turun, sakit pada otot, yang membuat mereka sulit beraktivitas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)