Share

Mitsubishi Kembali Buktikan Mirage Irit Bahan Bakar

Santo Evren Sirait, Okezone · Minggu 23 November 2014 01:58 WIB
https: img.okezone.com content 2014 11 22 15 1069415 mitsubishi-kembali-buktikan-mirage-irit-bahan-bakar-4ZDh9QzdsA.jpg F: MItsubishi Mirage (Septian P/Okezone)

JAKARTA - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Authorized Distributor Kendaraan Mitsubishi di Indonesia secara resmi meluncurkan Mitsubishi Mirage di ajang Indonesia International Motor Show 2012. Sejak diluncurkan hingga sekarang ini, Mirage cukup diterima oleh masyarakat Indonesia. Dari segi harga, mobil perkotaan ini terbilang sangat terjangkau, untuk tipe rendah dijual dengan harga Rp145 jutaan, sedangkan untuk tipe tertinggi Rp171 jutaan.

Selain harga yang terjangkau, Mitsubishi punya satu kunci utama kenapa Mirage layak untuk di miliki oleh masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di perkotaan, yaitu irit bahan bakar. Untuk membuktikan kalau Mirage hemat Bahan Bakar Minyak (BBM), Mitsubishi sejak tahun 2012 telah melakukan tes uji irit Mirage yang melibatkan pebalap, wartawan hingga tenaga penjual.

Pada bulan November 2012, Mitsubishi mulai melakukan pengujian konsumsi bahan bakar Mirage pada sebuah kegiatan bertajuk, Mirage Eco-Smart Drive for Mitsubishi’s Smart Salesman. Pengujian kali ini kendaraan menempuh jarak 150 km dengan muatan dikabin penuh. Hasilnya setelah 6 jam berkeliling dalam kondisi jalan dan lalu-lintas yang beragam, Mirage terbukti irit dengan konsumsi bahan bakar terbaik yang diraihnya sebesar 18,47 km/liter untuk transmisi manual dan 16,71 km/liter untuk CVT transmisi otomatis. Uji irit ini menggunakan metode pengukuran full to full.

Masih ditahun yang sama atau tepatnya Desember 2012. Mobil bermesin 1.200 cc ini dipaksa untuk menempuh jarak lebih dari 68,80 km dengan 2 orang penumpang didalamnya. Hasilnya Mirage dengan transmisi manual bisa menembus angka 44,39 Km/liter dengan metode “full to full” melewati jalan perkotaan.

Tidak sampai disitu di hari yang sama pengujian berlanjut ke arena sirkuit Bridgestone. Rekan–rekan media ditantang untuk mencapai konsumsi bahan bakar terbaik dengan target 6 menit 40 detik, para rekan media harus melintasi 2 lap/3,8 Km. Dalam tantangan ini, 6 unit Mirage diisi full tank, dimana konsumsi bahan bakar akan dilihat dari menu Average Fuel Consumption yang terdapat di Multi Information Display (MID) kendaraan. Hasilnya tak kalah memuaskan, dengan perhitungan berdasarkan MID, konsumsi BBM Mirage mampu menyentuh angka 27,0 Km/Liter untuk transmisi manual dan 25,3 Km/Liter untuk transmisi otomatis.

Pengujian berikutnya mengambil lokasi di Bali dengan melewati beberapa jalan yang berjarak total lebih dari 160 km. Kegiatan kali ini turut mengundang pereli legendaris Dakar Rally, Hiroshi Masuoka. Metode pengukuran masih menggunakan Full-to-Full dan MID. Setelah diuji baru terlihat hasilnya, yaitu kendaraan bertransmisi manual yang dibawa Masuoka berhasil menyentuh angka 24.80 km/liter untuk pengukuran MID dan 24.20 km/liter untuk metode pengukuran Full-to-Full.

Pada tanggal 10 Maret 2013 kembali Mitsubishi melakukan pengujian irit BBM di acara “Mirage Eco Fun Drive”. Pada kesempatan ini melibatkan pereli professional yaitu Rifat Sungkar, Subhan Aksa, Rizal Sungkar dan Akbar Hadianto. Mengambil rute start dari kantor pusat PT. KTB Pulo Mas jarak yang harus ditempuh sekira 113 Km. Acara yang menempuh waktu lebih dari 5 jam ini, dan dengan perhitungan berdasarkan MID, konsumsi BBM Mirage mampu menyentuh angka 27,0 Km/Liter untuk transmisi otomatis dan 25,2 Km/ Liter untuk transmisi manual.

Hari Ini (23/11/2014) Mitsubishi kembali mengelar uji irit bahan bakar Mirage yang melibatkan 18 awak media dalam acara bertajuk, Mirage Eco Fun Drive 2. Kita tunggu saja apakah hasil uji irit kali ini bisa melebihi angka yang telah dicapai sebelumnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ian)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini