Share
Advertisement

Cara Aman Berbelanja di Online Shop

Advent Jose , Jurnalis-Minggu 23 November 2014 07:31 WIB
Ilustrasi Cara Aman Berbelanja di Online Shop (foto : Forewardsapp)
Ilustrasi Cara Aman Berbelanja di Online Shop (foto : Forewardsapp)
A
A
A

CALIFORNIA - Berbelanja online semakin digandrungi. Sebelum melalukan transaksi tanpa tatap muka itu, perlu kiranya diketahui beberapa hal agar terhindar dari penipuan yang berujung kerugian.

Pertama pengguna perlu mengetahui indentitas, lokasi, rincian kontak dari pengecer online tersebut. ada banyak perusahaan online dengan nama yang telah umum dan dikenali di Indonesia seperti, Lazada, OLX, Berniaga atau di luar seperti Amazon, eBay dan lainnya.

Perlu juga menelusuri seperti apa reputasi ritel online tersebut sehingga tidak terjebak dalam toko online scam atau palsu. Pengguna jangan terlalu cepat menyimpulkan semisal toko online tersebut memiliki ritel fisik maka layanan online-nya akan baik. Belum tentu demikian.

Kedua, pengguna juga sebaiknya mencari tahu mengenai metode pembayaran atau penagihan, jaminan dan cara pengiriman sebelum membeli.

Hal hal seperti bagaimana barang Anda akan dikemas dan sampai ditangan Anda, bagaimana biaya pengiriman apakah ada tambahan biaya lain atau tidak dan apakah pengguna dapat melacak keberadaan produk yang dibelinya. Hal tersebut perlu diketahui dengan jelas di awal.

Terakhir adalah membaca kebijakan privasi situs. Pengguna dapat menelusuri apakah misalnya perusahaan memiliki kebijakan menggunakan informasi Anda diluar transaksi pembelian online, sebagai contoh mengirimkan email untuk update mengenai produkĀ  atau penawaran lainnya. Bahkan sampai kebijakan untuk menjual atau memberikan data Anda kepada pihak ketiga.

Jika demikian, maka pengguna mesti bersiap untuk mendapatkan informasi spam yang masuk di email setiap saat. Demikian dikutip Wikihow, Sabtu (22/11/2014).

(amr)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Topik Artikel :
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement