Share

Trik Cerdas Cegah Gangguan Pendengaran

Dewi Kania, Jurnalis · Sabtu 22 November 2014 15:13 WIB
$detail['images_title']
Cegah gangguan pendengaran (Foto:Menshealth)

DAMPAK fatal dari gangguan pendengaran adalah tuli. Oleh karena itu, kita wajib melakukan pencegahan dengan beberapa trik-trik cerdas.

Menurut Director of Audiology and Newborn Hearing Screening di UCLA Health System Alison Grimes, masalah gangguan pendengaran disebabkan oleh kerusakan sel-sel rambut luar, penuaan telinga atau juga manusia terlalu sering mendengar suara-suara keras.

Seperti dilansir Menshealth, Grimes punya trik pencegahan yang dapat kita terapkan. Apa saja itu?

Pertama, kita harus mengurangi mendengarkan suara-suara keras saat menonton televisi atau bahkan mendengarkan musik. Kedua, jika Anda terlalu sering mendengar suara bising, setidaknya istirahatkan telinga Anda selama 10 menit dari paparan kebisingan.

Ketiga, saat menelepon orang terdekat Anda jangan terlalu lama-lama. Ada baiknya Anda menggunakan volume headset rendah atau lebih baik memasang speaker pada handphone.

Keempat, tutup telinga Anda dengan penyumbat yang benar jika Anda tidak bisa melarikan diri dari suara bising yang dapat mengganggu pendengaran.

Kelima, jika Anda sedang libur bekerja usahakan mencari tempat yang damai untuk mendengar suara-suara alam untuk menyeimbangkan pola hidup Anda.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)