Share

Paparan Logam Turunkan Kualitas Sperma Pria

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 23 November 2014 01:31 WIB
$detail['images_title']
Paparan logam turunkan kualitas sperma (Foto: Menshealth)

PAPARAN logam dapat menurunkan kualitas sperma. Bukti ini telah menjadi hasil penelitian baru oleh para ahli asal Inggris.

Tak jarang piring atau gelas yang kita pakai dalam sehari-hari terdapat campuran bahan logam atau alumunium. Itulah salah satu faktor yang kerap kita temui dalam kehidupan nyata.

Dalam studi tersebut, pria yang memiliki jumlah sperma rendah ternyata dia sering terpapar bahan logam atau alumunium. Alasannya memang masih simpang siur, tapi teori mengemukakan bahwa alumunium dapat mengganggu sperma atau dengan kata lain spermatogenesis.

Lantas, seberapa besar pengaruh logam dan alumunium bagi kesuburan sel sperma itu belum diketahui secara pasti kadar bahayanya.

"Intinya banyak hal-hal yang menyebabkan kekhawatiran dari paparan logam atau alumunium yang tentu dapat mengganggu kesehatan sel telur," kata Profesor Raymond Copes dari Universitas Toronto seperti dilansir Menshealth.

Lebih dari itu, paparan bahaya dari dua bahan tersebut dapat mengakibatkan masalah penyakit paru-paru dan penyakit Alzheimer (pikun yang tidak biasa).

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)